Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Padi Anda Keracunan Zat Besi, Bagaimana Cirinya

Padi Anda Keracunan Zat Besi, Bagaimana Cirinya

Diposting pada 11 Juni 2020 oleh backrojez | Dilihat: 1.692 kali

Padi Anda Keracunan Zat Besi, Bagaimana Cirinya?

anda mungkin pernah mengalami masalah pertumbuhan, mungkin agak kekuningan, namun anda tidak tahu apa yang terjadi, dan harus bagaimana anda untuk mengatasi hal ini

j-rice.id — Meskipun zat besi (Fe) dibutuhkan tubuh manusia, ternyata zat besi bisa membuat kematian pada pertanaman padi khususnya di lahan rawa. Seperti apakah ciri dari tanaman padi yang keracunan zat besi ini?

Besi (Fe) merupakan salah satu unsur hara esensial bagi semua tanaman. Besi (Fe) mempunyai peranan penting dalam proses biologi seperti : fotosintesis, pengembangan kloroplas, dan biosintesa protein. Namun zat besi ini tidak boleh berlebihan atau kekurangan karena sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai.

Bila kekurangan atau kelebihan pada tanaman maka pertumbuhannya akan terganggu. Gejala kekurangan besi yang telah teridentifikasi adalah: klorosis antar vena daun dan pada kondisi yang parah gejalah nya pada seluruh permukaan daun. Sedangkan gejalah keracunan pada umumnya memperlihatkan warna coklat kemerah-merahan atau kuning kecoklatan sering disebut bronzing.

“Keracunan zat besi ini bisa membuat tanaman padi pertumbuhannya terhambat sehingga menurunkan produktivitasnya antara 30% sampai 90 persen. Semua itu tergantung pada kualitas ketahanan varietas padi tersebut, fase keracunannya hingga usia dari pertanaman,” ungkap peneliti utama dari Balai Penelitian Tanaman Rawa (Balittra), Prof. Dr. Masganti dalam Webinar Intensifikasi Pertanian Berkelanjutan Dalam Budidaya Padi di Lahan Rawa, Selasa (9/6).

Keracunan besi ini bisa terjadi pada fase vegetatif maupun generatif. Saat fase vegetatif, tanaman yang keracunan dicirikan dengan kering dan tinggi yang tidak normal. Bobot kering tanaman juga menurun dan anakan yang jauh berkurang serta klorofil yang sedikit sehingga penampilan tanaman menjadi jelek.

“Sedangkan saat fase generatif, malai berkurang, bobot biji menurun dan kematangan tertunda sehingga pemeliharaan lebih lama dan merugikan petani karena harus mengeluarkan biaya ekstra,” jelas Prof. Masganti.

Lantas apakah penyebab utama terjadinya keracunan besi?Prof Masganti menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan keracunan besi ini terjadi di lahan sawah maupun lahan rawa. Mulai dari kandungan konsentrasi zat besi tersebut di dalam tanah yang tinggi (250 ppm sampai 550 ppm), konsentrasi zat besi di dalam tanaman yang tinggi (300-500 ppm), Pengairan (drainase) yang jelek, kandungan karbon organik (pupuk organik) yang belum matang, tingkat kemasaman (pH rendah) hingga kekurangan atau ketidakseimbangan hara.

Adapun gejala keracunan besi ini nampak setelah 3-4 minggu setelah tanam dan 8-9 minggu setelah tanam. Muncul warna kemerah-merahan dari daun tua kemudian tanaman menjadi kerdil dan akar menebal, kasar dan pendek.

Dari hasil penelitian, Balai Penelitian Tanaman Rawa (Balittra) mengklasifikasikan tingkatan keracunan besi berdasarkan kandungan fe. “Kurang dari sampai 52 ppm itu tergolong keracunan ringan, 143 ppm tergolong keracunan sedang, 234 ppm keracunan agak berat dan lebih dari 325 ppm tergolong keracunan berat,” paparnya.

Dirinya menekankan resiko keracunan besi paling tinggi pada musim kemarau karena terjadi pemasaman air yang tinggi sebagai akibat dari reduksi air yang rendah dan remineralisasi kandungan fe karena oksidasi yang rendah.

sumber, tabloid sinar tani

Bagikan informasi tentang Padi Anda Keracunan Zat Besi, Bagaimana Cirinya kepada teman atau kerabat Anda.

Padi Anda Keracunan Zat Besi, Bagaimana Cirinya | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Padi Anda Keracunan Zat Besi, Bagaimana Cirinya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Pengiriman Ke Pak Rasyid Laren Lancar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Benih Padi Di Batang *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Agen Beras Berkat Kota Sby Jawa Timur

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Popular!
OFF 20%
QUICK ORDER
Obat Wereng Fipromix

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 120.000 Rp 150.000
Ready Stock
Rp 120.000 Rp 150.000
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225