Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Keunggulan Beras dengan Bahan Pangan Lain

Keunggulan Beras dengan Bahan Pangan Lain

Diposting pada 12 Januari 2019 oleh backrojez | Dilihat: 1.512 kali

Keunggulan Beras dengan Bahan Pangan Lain – Belum makan nasi belum makan, begitulah pameo yang beredar di masyarakat tanah air. harap mafhum nasi asal beras memang merupakan makanan pokok penduduk indonesia. kepala balai besar perbenihan dan proteksi tanaman, perkebunan, ambon, provinsi maluku, Ir Ahmad Sarjana, Msi, dalam makalahnya berjudul situasi perpadian/ perberasan nasional kini dan masa mendatang mengungkapkan 95% penduduk indonesia masih sangat tergantung pada beras, beras menyumbangkan lebih dari 55% konsumsi energi dan protein bagi rata-rata penduduk indonesia

nasi juga merupakan makanan utama setengah dari populasi dunia, khususnya yang bermukim di Asia.

Bahkan 90% produksi beras dunia di konsumsi di Asia.konsumsi beras masyarakat asia berkisar 90-181 kg per orang per tahun. brunei darussalam termasuk pengonsumsi nasi terbesar.

begitu pentingnya beras bagi penduduk asia sehingga pemerintah taiwan pun mewajibkan 7 lembaga penelitian pertanian bensar di Negeri Formosa itu utnuk meneliti dan mengembangkan padi – tanaman penghasil beras.

Deputy Director Kaohsiung District Agricultural  Research and extension Station Council Of Agriculture, Carlos C, I Tsai PhD. mengungkapnkan sejarah penelitian peenlitian yang paling lama di Taiwan adalah padi

Menurut carlos sejak sekitar 45 tahun silam fokus penelitian padi di Taiwan adalah untuk meningkatkan hasil produksi. Akibatnya, sekitar 20 tahun silam Taiwan sudah merai swasembada beras. dalam perjalanan waktu, kondisi ekonomi penduduk Taiwan Meningkat sehingga mereka lebih sedikit mengonsumsi nasi – hanya setengah dari sebelumnya dan lebih banyak mengkonsumsi daging. Carlos mengungkapkan saat ini konsumsi beras Taiwan hanya 1,3 Juta Ton/Tahun. Kini fokus penelitian padi berubah, tidak lagi untuk meningkatkan produktifitas, tapi kualitas beras yang di hasilkan.

contohnya nasi yang dihasilkan beraroma, pulen, dan masih enak dimakan dalam kondisi dingin.

pemerintah indonesia juga sangat mendukung penelitian padi dengan mendirikan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPT Padi) di Cikampek, Subang Provinsi Jawa Barat. Tugas pokonya adalah melakukan penelitian untuk menghasilkan ilmu dan teknologi padi kyang mampu meningkatkan produksi dan menjamin ketersediaan padi sebagai makanan pokok masyarakat indonesia. bidang yang diteliti meliputi benih, pupuk dan pestisida, pengairan panen, dan pascapanen.

Keunggulan Beras dengan Bahan Pangan Lain

Dibandingkan sumber karbohidrat lain, beras memiliki beberapa kelebihan. salah satunya tahan lama dalam penyimpanan. beras yang masih terlindung sekam tahan simpan hingga 8 Tahun. itu karena sekam mengandung silika yang sulit di tembus hama gudang. bandingkan dengan jagung, ubi, dan kentang yang memiliki kulit tipis sehingga mudah rusak.

Ahmad Djaeni Sediaoetama dalam buku berjudul Ilmu Gizi: untuk Mahasiswa dan profesi Jilid 1 mengungkapkan beras merupakan sumber karbohidrat paling tinggi dibandingkan dengan jenis pangan lainnya, yaitu mencapai 78,9% gram.

kandungan beras

kandungan beras

karbrohidrat merupakan salah satu zat gizi makro, selain protein dan lemak. fungsi utamanya adalah sebagai bahan bakar untuk berbagai kegiatan tubuh, termasuk otak dan sel saraf. didalam tubuh, karbohidrat akan dipecah oleh enzim emilase menjadi komponen lebih sederhana, seperti glukosa yang kemudian dimanfaatkan oleh sel untuk menghasilkan energi.

setiap gram karbohidrat yang diksonsumsi akan memberikan energi sekitar 4 kalori. dibandingkan zat gizi makro lainya, senyawa itu memberikan kontribusi energi yang lebih efektif. oleh karena itu pedoman umum gizi seimbang (PUGS) menjadikan karbohidrat sebagai porsi utama dalam menu sehari hari.

Lapisan kulit ari beras yang cokelat kaya gizi, protein, vitamin, mineral, serta unsur unsur lain yang bermanfaat bagi kesehatan. kini juga banyak bermunculan beras berwarna yang di sebut baik untuk kesehatan.

beras merah misalnya, meredakan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain, dan menurunkan resikonya terjadinya penyakit jantung. berhas hitam baik untuk penderita kanker, hepatitis dan anemia. konsumsi beras merah dan beras putih baik untuk penderita epilepsi

jual beras merah

Bagikan informasi tentang Keunggulan Beras dengan Bahan Pangan Lain kepada teman atau kerabat Anda.

Keunggulan Beras dengan Bahan Pangan Lain | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Keunggulan Beras dengan Bahan Pangan Lain

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi Sudah Sampai Bali. Alhamdulillah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi C.Bagasari

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Beras Organik Mentik Wangi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225