Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Musim Hujan, Pilih Benih Padi Tahan Rendaman

Musim Hujan, Pilih Benih Padi Tahan Rendaman

Diposting pada 16 Desember 2020 oleh backrojez | Dilihat: 1.424 kali

J-rice.id – assalamu’alaikum sahabat j-rice saat ini kita memasuki musim hujan, ada sebagian daerah malah sudah terendam banjir. Benih padi apa yang tahan terhadap rendaman?

Memasuki tahun 2021 curah hujan hampir merata di seluruh wilayah Indonesia, dengan intensitas ada tinggi dan ada juga yang sedang. Di beberapa wilayah diuntungkan dengan turunnya hujan karena letak geografisnya di dataran tinggi sehingga lahannya dapat digunakan secara intensif untuk bercocok tanam sesuai komoditasnya.

Di dataran rendah dengan curah hujan yang tinggi, lahan akan kelebihan cadangan air sehingga menyebabkan tergenangnya tanaman yang ada di lahan tersebut. Hal itu dapat berpengaruh pada perkembangan tanaman, seperti padi.

 

Untuk mengatasi permasalahan yang menyebabkan terendamnya tanaman khususnya padi di lahan sawah dataran rendah, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan)melalui Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) telah menghasilkan varietas padi yang tahan terhadap rendaman akibat kelebihan cadangan air atau banjir. Varietas tersebut adalah Inpari 30 Ciherang Sub 1 yang dilepas pada tahun 2012 yang lalu.

Priatna Sasmita, Kepala BB Padi menyampaikan bahwa varietas padi tersebut memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap rendaman air berlebih.

 

“Inpari 30 Ciherang Sub 1 adalah varietas padi varietas unggul baru yang tahan terhadap rendaman air,” ujar Priatna.

 

Senada dengan Priatna, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Haris Syahbuddin di tempat terpisah menyampaikan bahwa varietas Inpari 30 Ciherang Sub 1 adalah varietas yang sudah disiapkan untuk mengatasi rendaman air akibat banjir. Varietas Inpari 30 Ciherang Sub 1 mampu me-recover dirinya saat terendam, hal ini yang menjadi kelebihannya dan tidak dimiliki oleh varietas padi lainnya.

 

“Varietas Inpari 30 Ciherang Sub 1 tahan terhadap rendaman air sampai 15 hari. Kalau banjir dan terendam tanaman padi ini mampu menyimpan cadangan energi selama terendam kemudian tumbuh kembali setelah air surut dan tidak mati, kalau padi yang lain pasti akan mati itu,” ucap Haris.

 

Sesuai deskripsinya Inpari 30 Ciherang Sub 1 cocok untuk ditanam di sawah irigasi dataran rendah sampai ketinggian 400 m dpl pada daerah luapan sungai. Dapat juga ditanam di cekungan dan rawan banjir lainnya dengan rendaman keseluruhan fase vegetatif selama 15 hari.

 

Umur tanaman Inpari 30 Ciherang Sub 1 hanya 111 hari setelah semai dengan potensi hasil 9,6 ton/ha. Tekstur nasi pulen yang disukai sebagian besar masyarakat umumnya. (Uje)

Bagikan informasi tentang Musim Hujan, Pilih Benih Padi Tahan Rendaman kepada teman atau kerabat Anda.

Musim Hujan, Pilih Benih Padi Tahan Rendaman | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Musim Hujan, Pilih Benih Padi Tahan Rendaman

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi Hibrida Sembada 168

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
BENIH PADI SRIKANDI

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BENIH PADI SRIKANDI *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Inpago 8

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225