Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » MPASI Beras Merah Untuk Bayi

MPASI Beras Merah Untuk Bayi

Diposting pada 4 Juli 2019 oleh backrojez | Dilihat: 1.831 kali

assalamualaikum bunda, saya doakan buah hatinya sehat ya bunda, semoa kelak jadi anak sholeh sholehah, berbakti kepada orang tua dan berguna bagi nusa dan bansa. kali ini kita akan membahas serbaserbi MPASI Beras merah untuk bayi

sebagai oran tua tentunya kita harus memberikan yang terbaik buat bayi kita, agar tumbuh sehat dengan perkembangan terbaik,

Ini alasan Kenapa MPASI Beras Merah Oranik untuk bayi sangat baik

 

  1. Kandungan senyawa antioksidan dari beras merah organik lebih banyak sebesar 10-50% dibandingkan sayur biasa.
  2. Bahan pangan organik cenderung memiliki kandungan yang lebih tinggi dibandingkan bahan pangan konvensional, sehingga rasanya pun lebih enak.
  3. Ada kecenderungan lebih tingginya kandungan protein, vitamin C, zat besi, magnesium, dan fosfor pada bahan pangan organik dibandingkan dengan bahan pangan biasa.
  4. Makanan organik lebih mudah dicerna dan diserap oleh saluran percernaan bayi serta lebih jarang menimbulkan intoleransi/alergi.
  5. Makanan organik dapat memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien bayi dengan baik, asalkan dilakukan pemilihan jenis makanan, pengolahan dan pemberian makan dengan tepat.

Kadar alergi bayi terhadap beras merah membuat bahan makanan ini bagus sebagai ide MPASI bayi. Mengetahui penyajian yang tepat beras merah untuk bayi penting untuk Parents ketahui agar membangkitkan nafsu makan si kecil.

Kapan waktu terbaik pemberian beras merah untuk bayi?

Faktanya, beras merah mudah dipersiapkan di rumah dan menjadi pilihan aman untuk bayi. Dokter merekomendasikan pengenalan makanan padat saat si kecil memasuki usia 6 bulan. Berikut tanda si kecil siap menerima makanan padat:

  • Bayi tidak menunjukkan refleks mendorong lidah ke luar
  • Mulai mampu menegakkan kepala dan leher saat duduk juga menjadi ciri bayi siap mengonsumsi makanan padat pertamanya
  • Sudah bisa duduk secara mandiri
  • Menunjukkan ketertarikan melihat makanan yang dikonsumsi orang dewasa

Kandungan gizi beras merah

kandungan gizi beras merah untuk bayi

Bukan tanpa alasan jika Bunda memiliki keinginan memberikan beras merah untuk si kecil. Pasalnya, di dalam 100 gram beras merah terkandung nutrisi melimpah berikut ini:

  • Vitamin B1: 0,4 mg
  • Karbohidrat: 77,24 gram
  • Gula: 0,85 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Lemak: 2,92 gram
  • Protein: 7,94 gram
  • Air: 10,37 gram
  • Kalsium: 23 mg
  • Besi: 1,47 mg
  • Magnesium: 143 mg
  • Mangan: 3,7 mg
  • Fosfor: 333 mg
  • Potasium: 223 mg
  • Sodium: 7 mg
  • Zinc: 2,02 mg

Manfaat beras merah untuk bayi

Beragam keuntungan akan diraih jika Bunda memperkenalkan beras merah pada bayi di waktu yang tepat:

  • Kecenderungan yang rendah menimbulkan alergi pada bayi
  • Mengandung asam lemak esensial yang krusial untuk perkembangan bayi secara keseluruhan
  • Beras merah juga kaya serat sehingga baik diberikan, utamanya saat bayi mengalami sembelit

 

Bagaimana memilih beras merah untuk bayi yang terbaik?

Demi manfaat yang optimal, penting bagi Parents memerhatikan dengan cermat trik memilih dan menyimpan beras merah sebelum disajikan pada bayi.

  • Memilih beras merah organik lebih dianjurkan untuk bayi disebabkan produk organik besar kemungkinannya terbebas dari hama. Jangan lupa juga untuk mengecek dengan teliti tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan beras merah
  • Penyimpanan beras merah yang belum dimasak sangat mudah, disarankan untuk menyimpannya di tempat yang dingin dan kering agar daya tahan lebih lama. Bunda sebaiknya juga menyimpan beras merah di lemari pendingin, karena membiarkannya terpapar terlalu lama pada suhu ruangan membuat beras merah cepat tengik
  • Sebaliknya, menyimpan beras merah yang sudah dimasak lebih tricky untuk dilakukan. Pasalnya, sekali dimasak beras merah akan memiliki banyak bakteri sehingga sebaiknya segera dikonsumsi tak lebih dari 4 hari. Untuk itu disarankan memasak beras merah sesuai jumlah yang cukup dan jangan dipanaskan lebih dari sekali. Pilihan lain yaitu segera simpan beras merah matang di dalam lemari es dengan suhu di bawah 8’C

Metode memasak beras merah untuk bayi

memasak beras merah untuk bayi

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Consumer Reports, beras merah memiliki kadar arsenik tertinggi dibandingkan beras putih biasa.

Arsenik merupakan unsur yang ada di dalam kerak bumi dan secara alami banyak ditemukan di udara, air dan tanah. Zat kimia ini juga merupakan hasil dari aktivitas manusia misalnya penambangan atau penggunaan pestisida dalam jumlah tertentu. Karenanya metode memasak pangan satu ini perlu menjadi perhatian.

jual beras merah organik

Jual Beras Organik Murah Hubungi : 081214947225

Rebuslah nasi merah dengan rasio perbandingan air : nasi yaitu 6:1 atau seperti saat Anda memasak pasta. Selanjutnya keringkan kelebihan air yang ada. Cara ini terbukti efektif menghilangkan hingga 60% kadar arsenik di dalam beras.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu mencuci dan membilas beras merah sebelum mengolahnya. Cara ini seperti ketika Anda mencuci beras putih biasa, namun metode ini efeknya lebih minimal dan kandungan arsenik tidak hilang secara optimal.

Sebagai langkah awal, mengolah beras merah dengan tekstur puree adalah hal terbaik saat memperkenalkan beras merah pada bayi mungil Anda. Masaklah seperempat cangkir beras merah dengan air, lalu masak hingga membentuk tekstur yang diinginkan. Berikut cara memasak beras merah lain yang bisa dicoba:

  • Cobalah mengombinasikan beras merah dengan ASI atau susu formula, lalu tambahkan sedikit kayu manis atau pala untuk penambah rasa
  • Campurkan beras merah dengan yoghurt tanpa rasa
  • Bisa juga mencampurkan beras merah dengan sayuran yang telah dikukus, haluskan sayuran sehingga mudah dicerna oleh bayi
  • Tambahkan ayam, daging atau kaldu ayam untuk membuat cita rasa beras merah lebih menarik di lidah bayi

Nah Parents, jadi jangan ragu lagi untuk memberikan beras merah pada si kecil. Kreasi MPASI yang variatif selain menambah gizi, pun menciptakan petualangan rasa berkesan bagi si kecil.

Manfaat Beras Merah untuk Bayi dan Anak

Dengan begitu banyaknya zat gizi yang dikandung oleh beras merah di atas, Anda berpikir untuk memberikan beras merah kepada bayi atau anak Anda. Mungkin Anda akan menjadi lebih tertarik untuk memasukkan menu beras merah ke dalam makanannya jika Anda mengetahui manfaat beras merah untuk bayi dan anak Anda berikut ini:

  1. Membantu pembentukan energi

Vitamin B1 (tiamin) yang dikandung oleh beras merah membantu mencegah penyakit beri-beri pada bayi dan anak. Selain itu, vitamin B yang dikandung oleh beras merah juga membantu pembentukan energi pada bayi. Tidak hanya vitamin B, kandungan mangaan yang di dalam beras merah juga membantu pembentukan energi dari protein dan karbohidrat.

 

  1. Perkembangan otak

Tidak hanya sebagai pembentuk energi, vitamin B kompleks di dalam beras merah juga bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bayi dan anak. Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin B kompleks pada si kecil, maka kemampuan berfikirnya bisa meningkat dan membantu perkembangan organ tubuh bayi setelah lahir. Perkembangan bayi bisa menjadi lebih sempurna dengan terpenuhinya vitamin B kompleks pada bayi. Bahkan, vitamin B kompleks di beras merah juga bisa berfungsi sebagai nutrisi anti stres.

Beras merah juga mengandung asam lemak alfa linolenat yang merupakan salah satu keluarga asam lemak esensial. Asam lemak alfa linolenat ini nantinya akan membentuk asam lemak rantai panjang yang akan digunakan tubuh untuk berbagai fungsi. Salah satu asam lemak rantai panjang yang dibentuk tubuh dari asam lemak alfa linolenat ini adalah DHA (docosahexaenoic acid). DHA inilah yang memberi banyak sekali manfaat untuk perkembangan otak dan mata bayi dan anak.

Jual Beras Merah Untuk MPASI KLIK DI SINi

  1. Antioksidan dan antikanker

Biasanya, beras merah diolah dengan hanya memisahkan beras dari sekamnya saja. Proses ini membuat beras merah masih memiliki kulit ari dan menjaga zat gizi di beras agar tetap utuh.

Kulit ari ini ternyata memiliki manfaat sendiri bagi tubuh. Kulit ari beras merah memiliki zat warna alami antosianin memiliki manfaat sebagai antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik. Selain itu, selenium yang dikandung oleh beras merah juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga sel-sel tubuhnya dari kerusakan. Bahkan, bisa membantu mempercepat kesembuhan anak yang sedang sakit.

  1. Pertumbuhan rambut, gigi, tulang dan otot bayi

Tidak hanya berfungsi untuk antioksidan dan antikanker, kulit ari beras merah juga mengandung banyak mineral yang membantu memenuhi kebutuhan tubuh bayi dalam pertumbuhan rambut, gigi, tulang dan otot bayi.

  1. Kesehatan Pencernaan

Biasanya, bayi mudah mengalami sembelit karena bayi banyak minum susu dan sedikit mengkonsumsi serat. Selain itu, pencernaan bayi memang masih belum 100% sempurna sehingga biasanya akan sedikit mengalami kesulitan mencerna ketika dikenalkan dengan jenis makanan baru.

Beras merah mengandung banyak serat yang sangat baik membantu kesehatan pencernaan bayi dan anak. Beras merah, yang juga dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi, bisa membantu masalah pencernaan tersebut. Serat yang dikandung beras merah bisa membantu sistem pencernaan bayi sehingga bayi terhindar dari sembelit.

  1. Perkembangan jaringan saraf dan jantung

Kandungan tamin dalam beras merah bisa membantu perkembangan jaringan saraf dan jantung bayi. Tidak hanya jaringan saraf, tamin dibantu oleh fosfor di dalam beras merah juga bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan sistem rangka bayi dan anak.

  1. Membantu memperbaiki pola tidur bayi

Beras merah mengandung zat tepung yang bisa meningkatkan serotonin dalam jaringan otak bayi. Serotonin ini memiliki peran dalam mengatur tingkat kantuk bayi sehingga bayi bisa memiliki pola tidur yang lebih nyenyak dan teratur. Dengan meningkatnya serotonin di jaringan otak bayi ini, Anda bisa mengatasi penyebab anak susah tidur.

 

Selain zat tepung, kandungan asam amino triptofan juga membantu menghasilkan serotonin. Serotonin, tidak hanya mengatur tingkat kantuk bayi, tapi juga sangat penting untuk menjaga suasana hati dan membantu menciptakan rasa tenang sehingga menghilangkan kegelisahan. Dampaknya, bayi dan anak akan terhindar dari badmood dan mengatasi penyebab bayi rewel.

  1. Bayi tidak mudah merasa lapar

Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding yang dikandung oleh beras putih. Indeks glikemik yang rendah ini membuat zat gula dalam darah tidak meningkat drastis setelah bayi mengkonsumsinya. Hal ini menyebabkan, bayi akan merasa kenyang lebih lama dan energi yang dihasilkan lebih stabil. Maka, dengan mengkonsumsi  beras merah, bayi bisa aktif lebih lama dan bayi tidak mudah merasa lapar sehingga saat tidur malam bayi tidak akan terbangun karena terganggu oleh rasa lapar.

  1. Mencegah gejala asma

Beras merah juga mengandung magnesium yang bisa mencegah gejala penyakit asma pada bayi. Magnesium bisa membantu untuk memperlebar otot-otot pada saluran pernapasan bayi. Jika Anda sedang melakukan terapi asma pada anak, Anda bisa memasukkan menu beras merah pada makanan bayi atau anak Anda untuk mendukung terapinya.

Jual Beras Merah Untuk MPASI KLIK DI SINI

  1. Kesehatan peredaran darah

Beras merah juga mengandung zat besi merupakan mineral yang sangat dibutuhkaan oleh pertumbuhan bayi dan anak. Zat besi penting bagi tubuh untuk memproduksi hemoglobin, yaitu pigmen dalam darah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Selain membantu produksi hemoglobin, zat besi juga membantu produksi mioglobin yang bertugas menyimpan oksigen di dalam otot.

Zat besi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatannya. Jika bayi dan anak mendapat asupan zat besi yang kurang, maka bisa terjadi anemia di tubuhnya. Anemia, atau kurang darah ini, bisa menyebabkan bayi dan anak mudah lelah, lemah dan rewel.

Dengan mengetahui manfaat MPASI beras merah  untuk bayi di atas, kini Anda bisa mulai mencoba menambahkan beras merah ke dalam menu makan bayi dan anak Anda untuk semakin menunjang kesehatan mereka. Selamat mencoba!

Bagikan informasi tentang MPASI Beras Merah Untuk Bayi kepada teman atau kerabat Anda.

MPASI Beras Merah Untuk Bayi | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk MPASI Beras Merah Untuk Bayi

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
OFF 17%
QUICK ORDER
Benih Padi Kalimasada

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 80.000 Rp 96.000
Ready Stock
Rp 80.000 Rp 96.000
Ready Stock
QUICK ORDER
Jual Beras Murah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Beras Organik Mentik Wangi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225