Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » 9 Cara Menanam Padi Sertani 14 , Hasil 2 Kali Lipat

9 Cara Menanam Padi Sertani 14 , Hasil 2 Kali Lipat

Diposting pada 1 Juli 2019 oleh backrojez | Dilihat: 3.092 kali

Artikel kali ini kita akan bahas tentang cara menanan padi sertani 14, karena banyaknya pertanyaan yang masuk kedalam inbox saya.

Semoga jawaban di bawah ini akan menjawab pertanyaan ya.

Oh ia sahabat petani kita harus memulai berpikir menjadi petani yang naik kelas.

Mengingat ketika kita panen posisi barang pasti turun nilainya. Apa yang terjadi jika sudah harga turun terus hasil panen tidak memuaskan.

Yang paling parah biaya operasional pasti meningkat karena banyak penyakit

Simak dengan baik artikel di bawah biar hasil maksimal ya

Bagi orang awam mungkin cara membedakan beberapa jenis padi yang ada di pertanian bukanlah hal yang mudah. Pasalnya bentuk dari semua jenis padi yang beredar dipasaran tidak jauh berbeda dan terlihat sama jika dilihat dnegan mata kasar. Namun sebenarnya, ada banyak jenis padi yang sering di tanam oleh para petani, salah satunya adalah padi sertani 14.

1. Karakteristik Padi Sertani 14
Padi sertani 14 ini adalah pengembangan dari teknologi yang akan memberikan bibit padi unggulan yang bisa tahan dalam kondisi apa saja serta sangat tahan terhadap serangan penyakit dan hama di sawah. Ini merupakan jenis padi yang bagus dan akan meberikan hasil panen yang memuaskan. Sertani 14 merupakan salah satu produk unggulan dimana banyak orang ingin mengtahui cara menanam padi sertani 14 tersebut.
Sebelum masuk tentang bagaimana persiapan cara menanam padi sertani 14, ada baiknya kita mebahas masalah karakteristik dari padi ini:
Memiliki umur yang relatif pendek hanya 105 hari terhutung semenjak masa penyemain, umur masa semai biasanya 15 hari dan umur penanaman biasanya 90 hari.
Tidak memerlukan genangan air yang terlalu dalam atau hanya membutuhkan sedikit air. Agar tanaman bisa menghasilkan calon buah maka anda hanya perlu memasok air sekitar 1 cm kedalamnannya.
Anda sudah bisa memindahkan bibit yang telah disemai dalam masa singkat yakni selama 15 hari atau 2 minggu dan menanamnya disawah.
Anakan yang diperoleh dari jenis padi sertani 14 ini sebenarnya sangatlah banyak dan ini bisa menjadi 20 hingga 40 anakan pada masa penanaman mencapai umur 50 hari.
Produktivitas dari padi sertani 14 ini sangta bagus hingga bisa mencapai hasil 16 atau biasanya akan menghasilkan hasil diatas dari 10 ton per hektarnya. Walaupun akan tetap tergantung pada keadaan tanah dan juga ketrampilan para petani dalam mengelola padi sertani 14 tersebut dan juga berpengaruh oleh lingkungndan cuaca.
Ini adalah jenis padi yang lebih tahan terhadap penyakit dan serangan hama jika dibandingkan dengna beragam jenis padi yang lain.
Dapat ditanam pada sistem penanaman rancah atau penanaman dikala musim hujan dan ketika air sawah menjadi sulit bahkan penanaman di ladang.
Malai yang dimiliki jenis padi ini panjang dan biasanya memiliki butir didalam padi yang berjumlah sekitar 300 hingga mencapai jumlah 600 atau jumlah dominannya adalah 400 hingga 500 butir.

2. Pemilihan Benih Unggul
Agar nantinya menghasilkan panen yang melimpah tentunya anda harus menanam benih unggulan, bukan? Nah utuk itu sangta disarankan menggunakan bibit padi sertani 14 yang memang dihasilkan untuk kegunaan penanaman ulang bukan untuk konsumsi.
Benih yang baik adalah benih yang memiliki daya tahan yang tinggi, tahan terhadap serangan hama dan penyakit, memiliki daya adaptasi yang tinggu dan memiliki sifat khusus.

3. Pengolahan Tanah.
Sebaiknya anda melakukan pengendalian terhadap beragam jenis gulma sebelum melakukan pengolahan tanah.
Pengendalian gulma ini bisa dilakukan dnegan cara penggunaan herbisida sesuai dengan dosis yang berlaku pada petunjuk penggunaan dan ini akan menghasilkan olahan tanah yang baik dan optimal.
Seperti cara mengatasi hama kaper pada padi, secara umum untuk langkah pengolahan lahan padi sertani 14 sama dengan cara pengolahan lahan padi lainnya.
Hanya saja dalam cara menanam padi sertani 14 ini, anda mungkin memerlukan bantuan pupuk kandang sebnyak 2 ton di setiap hektarnya agar bisa menambah asupan ketersediaan zat hara tanah. Membajak tanah sawah biasanya akan menggunakan mesin bajak yang umum dimiliki para petani. Ratakan tanah persawahan anda serata mungkin agar mudah mempertahankan kedalaman air sawah yang hanya membutuhkan sekitar 1 cm saja.

4. Penyiapan Pengairan
Padi sertani 14 ini hanya memerlukan kebutuhan air sedikit (1cm) dan ini merupakan salah satu keutamaan yang dimilikinya.
Bahkan setelah padi tersebut berisai atau persiapan menjelang panen, anda bisa mengairi sawah dengan air secukupny saja. Inilah mengapa anda perlu mengusahakan agar petak penanaman memiliki struktir tanah yang datar dan mudah untuk mengatur keluar masuk air sawah. Seperti cara mengatasi hama wereng pada padi.

5. Penyiapan Petak Persemaian
Unutuk lokasi persemaian, sebaiknya and amemilih lokasi yang cukup subur dan baik. Baik disini adalah seperti cara menanam pare hidrponik, dimana lahan tersebut harus bebas banjir, tidak tergenangi air secara berlebihan dan luas yang di anjurkan adalah 4 x 4 meter di bentuk dalam 4 buah bendengan hingga setiap bendengan akan memiliki ukuran 1 x 4 m. Benih disebar di dalam petak bendengan dengan pemberian Furadan sebanyak 0,25 kg.

6. Pemberian Pupuk Organik
Ada bnayak jenis pupuk organik yang bisa anda gunakan dalam penanaman padi sertani 14 ini. Biasanya yang digunakan para petani adalah pupuk kandang atau kotoran ternak maupun kompos yang terbuat dasi sisa tumbuhan.
Pemberian pupuk organik ini sangat baik agar bisa menambah zat hara yang berkurang di tanah persawahan karena bebrapa kali penggunaan untuk penanaman padi sebelumnya. Biasnaya dosis yang dianjurkan adalah 2 ton per hektar.

7. Penanaman Bibit
Seperti tata cara menanam bawang batak, sebaiknya akar bibit padi yang telah dicabut ari sistem persemaian di dalam kubangan plastik yang dicampur dengan fudaran 2 kg selama 6 hingga 12 jam sebelum anda langsung menanamnya.
Jangan potong daun bibit tersebut, jangan potong maupun gunting seperti yang biasa dilakukan petani. cara menanam bibit padi sertani 14 :
Gunakan sistem penanamandimana and ahanya menanam sati bibit perlobang tanaman. Karena padi ini akan menghasilkan banyak anakan nantinya setelah tumbuh dan berkembang.
Gantikan bibit yang mati dengan bibit cadangan secepatnya.
Jika cadangan bibit sudah habis dan masih ada tumbuhan padi yang rusak atau mati setelah penanaman maka cobalah cari anakan yang telah tumbuh disela-sela bibit lainnya.

8. Penyiangan Tanaman
Penyiangan gulma pada padi sertani 14 ini adalah untuk:
Mengurangi adanya persaingan pengambilan zat hara yang diperlukan oleh pertumbuhan padi yang akn diambil oleh gulma.
Memutus siklus hidup dari gulma agar tidak kembali tumbuh.
Mencegah beragam hal perusak padi seperti serangga, tikus, dan beragam penyakit.
Mencegah penyumbatan aliran air di petak sawah
Beberapa jenis gulma adalah racun dan beberhaya bagi padi
Penyiangan bisa menggunakan herbisida, melakukanpencabutan manual atau menggunakan alat.

9. Panen
Ini mungkin merupakan proses yang sangat dinanti nantikan oleh para petani dimana bisa mendapatkan hasil jerih payah memlihara kesehtan pertumbuhan padi sertani 14 ini selama lebih kurang 3 bulanan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar:
Tidak ada masalah kehilangan hasil panene maupun penurunan kualitas panen yang masih sering terjadi baik ketika panen maupun pasca panen.
Kualitas padi yang snagat rendah seringkali disebabkan oleh kesalahan dalam panen dan pasca panen
Berikut cara panen yang akan dilakukan pada waktu yang pas:

Panen padi sertani 14 ini bisa dilakukan ketika pemasakan bulir padi telah mencapai 80 hingga 90 % atau ketika padi telah mingjak umur 99 hingga 105 hari terhitung semnjak masa penyemaian. Ini adalah panen padi jika digunakan kembali untuk pembenihan.

Namun untuk konsumsi sebaiknya dipanen ketika persentase kematangan bulir padi mencapai 95% atau umur 95 hingga 100 hari.

Gunakan jenis sabit bergerigi untuk memudahkan panen dan potonglah pada bagian tengah batang padi dan sisakan batang sekitar 10 cm dari dasar tanah.

BACA JUA : Deskripsi Benih Padi Sertani 14

Jika anda mencari benih padi Sertani 14 berkualitas dengan harga terjangkau dengan GARANSI paket sampai tujuan dengan baik.
order bisa langsung wa / 081214947225
atau bisa kunjungi www.j-rice.id

Semoga artikel bisa membantu sobat petani seluruh indonesia. Jika artikel kami bermanfaat silahkan share ke sosial media

 

 

Bagikan informasi tentang 9 Cara Menanam Padi Sertani 14 , Hasil 2 Kali Lipat kepada teman atau kerabat Anda.

9 Cara Menanam Padi Sertani 14 , Hasil 2 Kali Lipat | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk 9 Cara Menanam Padi Sertani 14 , Hasil 2 Kali Lipat

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi Hibrida B9

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Sudah Sampai Bali. Alhamdulillah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
BENIH PADI IR 64 KEMASAN PREMIUM

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225