Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Beras Hitam Untuk Bayi, Wajah dan Kesehatan

Manfaat Beras Hitam Untuk Bayi, Wajah dan Kesehatan

Diposting pada 19 Januari 2019 oleh backrojez | Dilihat: 2.266 kali

Beras hitam pernah menjadi makanan yang langka, lho! Beras ini bahkan disebut sebagai beras terlarang. Cina dulu melarang masyarakat untuk mengkonsumsi beras ini dan hanya keluarga kerajaan yang diijinkan mengkonsumsi beras ini. Tahukah ladies mengapa hanya keluarga kerajaan yang mengkonsumsi? Hal ini disebabkan beras ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, namun jarang sekali ditemukan. Beras hitam dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh seperti berikut ini:

1. Membantu detoksifikasi


Source : Practical Cures

Beras hitam dapat digunakan untuk membantu detoksifikasi hati, ladies. Beras hitam mengandung fitonutrien yang dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh secara signifikan. Hati menjadi organ yang sangat penting untuk detoksifikasi maka dari itu hati akan membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung kinerjanya. Hal ini beras hitam mampu membantu hati dalam mengurangi zat yang tidak diinginkan tubuh.

2. Mencegah kanker


Source : Cristianosoy

MENARIK UNTUKMU

Beras hitam sangat kaya akan antioksidan terutama antosianin. Antosianin dapat didapatkan dari dedak luar beras ini. Antioksidan beras hitam bahkan dinilai lebih tinggi jika dibandingkan varietas lain, ladies. Beras hitam akan membantu tubuh untuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi jaringan. Antosianin mencegah kerusakan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, peradangan dan kanker.

3. Mencegah aterosklerosis


Source : Pexels

Aterosklerosis merupakan penyakit kardiovaskular yang dapat memiliki banyak pengaruh pada tubuh. Penyakit ini dimulai dengan pengerasan dinding arteri. Konsumsi beras hitam dapat mengurangi angka kematian yang disebabkan penyakit ini. Disamping itu, kandungan nutrisi dalam beras hitam dapat mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total, ladies. Beras hitam dinilai sangat baik bagi kesehatan jantung, ladies.

4. Menjaga kesehatan pencernaan


Source : PublicDomainPictures

Kandungan serat pangan dalam beras hitam sangat tinggi, ladies. Bagian dedak atau lapisan luar dari beras hitam menjadi bagian yang sangat kaya serat. Makanan ini tentu bisa membuat ladies merasa kenyang lebih lama. Disamping itu, makanan kaya serat seperti beras hitam akan membantuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan iritasi usus besar. Dalam 100 mg beras hitam terdapat 5 mg serat, dimana jumlah ini hampir 10% dari asupan harian yang direkomendasikan.

5. Mencegah diabetes


Source : stevepb

Ladies, sudah tau kah kalau beras hitam kaya akan serat. Kandungan serat yang tinggi ini menyebabkan beras hitam membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Hal ini akan memberi efek perlindungan pada sistem pencernaan. Disamping itu proses yang lebih lama ini akan mempertahankan konstansi gula darah. Kandungan gula dalam beras hitam termasuk rendah, sehingga akan memcegah diabetes.

6. Menurunkan resiko obesitas


Source : Meditations

Beras hitam dinilai lebih baik untuk dikonsumsi dibanding beras merah untuk ladies yang ingin menurunkan berat badan. Beras hitam akan memberi hasil yang lebih baik dari beras merah. Disamping membuat ladies kenyang lebih lama juga memiliki kalori yang rendah. Dalam 100 mg beras hitam hanya mengandung 300 kalori dengan jumlah karbohidrat yang cukup untuk sehari.

7. Mencegah Peradangan


Source : lightstargod

Konsumsi beras hitam dinilai berhubungan dengan penurunan senyawa inflamasi. Oksigen reaktif  khusus dan malodiadehid aorta telah memperkaya kandungan nutrisi dalam beras hitam yang meningkatkan mediator anti-inflamasi seperti superoksida dismutase. Ladies, ketika radang mengalami peningkatan maka resiko terhadap beberapa masalah kesehatan juga meningkat. Peningkatan peradangan berhubungan dengan alergi, kanker, penuaan dan arthritis.

8. Meremajakan kulit


Source : tummerton2010

Beras hitam banyak dimanfaatkan sebagai bahan produk perawatan kulit. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam beras merah dapat dimanfaatkan untuk meremajakan kulit. Penuaan terhadap sel-sel tubuh termasuk sel-sel pada kulit dapat dicegah karena antioksidan dari beras hitam. Hal ini akan mempromosikan kulit yang lebih sehat serta tetap kenyal. Ladies bisa mencoba memanfaatkan beras hitam secara rutin untuk meremajakan kulit ladies.

9. Menjaga asupan protein


Source : stevepb

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai zat pembangun tubuh dan pendorong metabolisme. Beras merah bukan hanya memberikan serat dan antioksidan namun memberi kebutuhan protein pada tubuh. Beras hitam mampu memberikan protein yang lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya. Dalam 100 mg beras hitam terkandung 8.5 mg protein, sementara dalam ukuran yang sama beras merah mengandung 8 mg protein dan beras putih hanya memberi 6,8 mg protein.

10. Mencegah alergi


Source : cenczi

Penelitian menunjukkan bahwa beras merah dapat membantu mengatasi peradangan yang dapat menimbulkan alergi serta masalah kesehatan lainnya. Bagian luar dari beras hitam mampu membatasi pelepasan histamin, dimana histamin bertanggungjawab terhadap gejala alergi. Beras hitam juga membantu meringankan iritasi dan bengkak yang disebabkan oleh alergi. Beras hitam adalah makanan yang penting untuk berbagai masalah peradangan kronis.

11. Menurunkan berat badan


Source : TeroVesalainen

Beras hitam diasosiasikan dengan pengurangan berat badan jika dikonsumsi secara teratur. Ini karena kandungan serat pangan yang sangat tinggi pada hitam, terutama bagian terluarnya. Jumlah serat yang baik akan membuat ladies merasa kenyang lebih lama. Serat juga akan menurunkan nafsu makan ladies. Bukan hanya itu, serat yang tinggi dan antosianin dalam beras hitam membantu menurunkan kolesterol jahat yang berkontribusi pada penurunan berat badan.

12. Menjaga kesehatan mata


Source : PublicDomainPictures

Ladies, beras hitam dapat berguna dalam menjaga fungsi mata, lho! Beras hitam mengandung sejumlah antosianin yang membantu melindungi mata dari masalah degeneratif. Konsumsi beras hitam secara teratur akan membantu menurunkan resiko pertumbuhan katarak, masalah degenerasi mata serta masalah penglihatan lainnya. Berdasarkan sebuah observasi yang dilakukan, antosianin dalam beras hitam dapat mencegah dan mengatasi penglihatan yang lemah.

13. Mencegah asma


Source : jill111

Ladies sudah tahu kan bahwa beras hitam mengandung sejumlah antosianin. Antosianin tersebut membantu melawan radikal bebas dalam tubuh terutama yang menyebabkan peradangan. Hal ini dapat mencegah peradangan pada jaringan organ pernapasan yang dapat menstimulasi asma. Konsumsi beras hitam memang bukan pengobatan alternatif dari penyakit asma, namun dapat membantu mengelola asma agar tidak bertambah parah.

14. Mencegah keriput


Source : AdinaVoicu

Kandungan dalam beras hitam efektif dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Nutrisi tersebut juga membantu mengurangi keriput dan memperlambat penuaan kulit dengan sangat baik. Antioksidan serta protein yang terkandung di dalamnya akan sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit. Ladies bisa mencoba beras hitam sebagai masker untuk mengatasi masalah kulit.

15. Menjaga asupan mineral


Source : congerdesign

Mineral sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Ladies bisa mendapatkan banyak mineral dari beras hitam, lho! Ada lebih dari 3 gram zat besi dalam 100 gram beras hitam. Beras jenis ini juga mengandung sejumlah mineral lainnya seperti magnesium, mangan, fosfor dan selenium. Mineral seperti magnesium dan fosfor merupakan bagian dari berbagai proses untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Mangan juga menjadi mineral memiliki banyak fungsi bagi tubuh.

 

Beras merupakan makanan pokok di negara kita, sehingga secara tidak langsung, juga menjadi pilihan makanan pertama untuk bayi. Beras sangat mudah dimasak juga mudah dicerna, sehingga kebanyakan Ibu selalu menyajikan bubur bayi yang berbahan beras setiap hari.

Nah, ada beberapa jenis beras yang tersedia di pasaran. Lalu, jenis beras mana yang bagus untuk bayi?

Beras Putih 

Ini adalah jenis beras yang paling umum dan paling mudah disiapkan. Beras putih juga seringkali diperkenalkan pada bayi untuk pertama kalinya karena mudah dicerna. Beras ini serba guna, bisa dicampur dengan puree praktis, baik itu buah, sayur, ayam atau ikan.

Beras putih memiliki lapisan kulit yang sudah dibuang sebelumnya, karena itu warnanya putih bersih. Proses penggilingan membuat beras putih berkurang kandungan zat gizinya jika dibandingan dengan jenis beras merah atau hitam. Begitu juga dengan kandungan seratnya.

Beras Cokelat 
Beras cokelat juga mengalami proses penggilingan, tapi tidak sama dengan beras putih, beras cokelat hanya menghilangkan lapisan terluarnya dan tidak menghilangkan lapisan tengah. Beras cokelat adalah versi kasar dari beras putih, dan memiliki sekitar 67% lebih banyak nutrisi, serat dan asam lemak dibanding  beras putih. Beras cokelat ini juga kaya akan vitamin B1, B3, B6, disertai dengan unsur-unsur seperti magnesium, selenium dan mangan.  Total protein per 100 gram beras cokelat adalah 7,2 gram. Lebih tinggi daripada 100 gram beras putih yang hanya mengandung sekitar 6,3 gram.

Beras coklat merupakan salah satu jenis beras yang cocok untuk bayi, hanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak, namun cenderung membuat bayi lebih kenyang lebih lama. Sebagian besar hidangan yang menggunakan beras putih juga bisa dibuat dengan beras cokelat, meski rasanya tidak netral seperti beras putih.

Beras merah 
Beras jenis ini memiliki bulir berwarna coklat kemerahan yang berbeda. Beras merah kaya zat besi dan antioksidan yang mengurangi peradangan dan alergi. Ini juga merupakan sumber kalsium, magnesium, selenium dan seng yang baik. Beras merah membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak daripada varietas padi lainnya dan akan memerlukan tekanan ketika dimasak.

Sebagai alternatif, beras merah juga merupakan jenis beras yang bagus untuk bayi. Beberapa bayi mungkin kesulitan mencerna beras merah dibandingkan beras putih, jadi jenis beras ini hanya disarankan untuk bayi yang lebih tua (8 bulan ke atas).

Beras Basmati 
Basmati merupakan jenis beras putih khusus dari India. Beras jenis ini dikenal dengan butiran dan aroma yang panjang. Di India, basmati umumnya digunakan pada acara meriah dan untuk hidangan spesial seperti biryani atau pulao. Beras basmati kaya serat makanan, sekitar 20% lebih banyak dari varietas lainnya. Basmati bisa dimasak dengan cepat, tapi tidak lembek sehingga hanya cocok untuk bayi yang lebih tua. Aromanya bisa membuat beberapa bayi lebih suka jenis ini.

Beras Hitam 
Beras hitam bukanlah makanan pokok yang umum, tapi tersedia di toko makanan khusus. Beras hitam kaya zat besi, vitamin E, serat makanan dan antioksidan. Cara terbaik untuk memberi makan beras hitam kepada bayi adalah dengan membuat sajian manis dengan merendam beras semalam, masak sambil diaduk dengan pure buah untuk rasa manis. jenis ini juga hanya dianjurkan untuk bayi yang lebih tua dan tidak bermasalah dengan varietas padi lainnya.

Dalam beras hitam terdapat kandungan vitamin E yang cukup tinggi sehingga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, dan memperbaiki kerusakan sel hati. Setidaknya, beras ini mengandung 20,1 gram serat, 7 gram protein, dan 1,8 gram zat besi dalam 100 gram beras hitam.

American Academy of Pediatrics tidak membedakan antara sereal beras putih atau sereal beras merah, tapi malah merekomendasikan bahwa sereal yang baik untuk bayi adalah yang diperkaya zat besi. Untuk itu, Ibu tidak perlu ngotot untuk menghindarikan bayi dari beras putih dan memilih jenis beras lainnya.

Sebaliknya, akan sangat baik jika kita memberikan beberapa jenis beras secara berselang-seling. Beras merah berpotensi menimbulkan sembelit, sehingga tidak bagus jika diberikan setiap hari. Selain itu, pemberian beras yang teksturnya keras, sebaiknya diimbangi dengan buah dan sayur dengan kandungan serat tinggi agar bayi tidak sembelit.

Bagikan informasi tentang Manfaat Beras Hitam Untuk Bayi, Wajah dan Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Beras Hitam Untuk Bayi, Wajah dan Kesehatan | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Manfaat Beras Hitam Untuk Bayi, Wajah dan Kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi M70D

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Sunggal Mumbai

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Best Seller
OFF 9%
QUICK ORDER
Beras Apollo

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Beras, jual beras, jual beras murah, jual beras merah murah, jual beras hitam, jual beras merah, jual beras hitam murah, jual beras lamongan, jual beras surabaya, jual beras gresik, jual beras sidoarjo, agen beras lamongan, agen beras surabaya, agen beras gresik, agen beras murah, agen beras sidoarjo, distributor beras, distributor beras murah, distributor beras lamongan, distributor beras surabaya, distributor beras gresik, distributor beras sidoarjo, jual beras merah, jual beras merah murah, jual beras hitam, jual beras hitam murah, jual bibit padi, jual beras cabe, jual beras apolo, jual beras raja lele, jual beras cabe Rp 10.000 Rp 11.000
Ready Stock
Rp 10.000 Rp 11.000
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225