Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Manajemen Usaha Beras Bagi Pemula

Manajemen Usaha Beras Bagi Pemula

Diposting pada 27 Juni 2018 oleh backrojez | Dilihat: 1.013 kali

Manajemen Usaha Beras Bagi Pemula

j-rice.id- Sahabat Pengusaha Beras, Bagamimana mengatur Managemen Usaha Beras Bagi Pemula, ataupun manajemen usaha beras bagi pengusaha lanjutan. Mulai dari setok barang, hutang, piutang, dan lai sebagainya.

Menjadi pengusaha bukanlah perkara mudah, apalagi pengusaha pemula, mulai dari jualan biar laku, menghadapi pesaing, managemen keuangan dan lain sebagainya.

dan saat ini saya mencoba akan membagikan tips bagi sahabat j-rice terkait managemen usaha beras.

Manajemen Usaha Beras

  1. Managemen Pemasaran

Yang menjaji PR bagi pengusaha pemula pada awalnya adalah manajemen pemasaran, pemasaran menjadi ujung tombak keberhasilan usaha. Jika anda tidak pernah berjualan meski ada perasaan bingung, mulai dari mana, dan harus bagaimana.

 

Untuk manajemen pemasaran anda bisa melakukan dua hal

  • Pemasaran Offline

Untuk pemasaran offline anda bisa menggunakan metode kanvasing, anda bisa berjualan mulai dari tetangga sekitar toko anda, anda harus tahu beras apa yang paling laku di pasaran, lakukan pencatatan dengan baik Mulai dari merk beras, harga beras, kualitas beras, kebutuhan beras tiap harinya.

 

Selain warga sekitar anda juga harus mendata jumlah toko peracangan yang ada di sekitar anda dan juga warung makan. Keduanya adalah potensial market, anda bisa melakukan pendataan yang sama seperti di awal yang saya jelaskan tadi.

Lakukan manajemen pemasaran seperti obat nyamuk, mulailah dari market terdekat terlebih dahulu dan terus melebar.

ada 5 tahapan dalam marketing kanvasing

  1. Prospek

Nah dalam hal prospek kita harus tahu siapa market kita, misalnya toko kelontong, warung, toko sembako. Persiapkan list prospek siapa daftar yang akan anda kunjungi, dan berapa perhari prospek yang wajib anda kunjungi setiap harinya. yang tidak kalah penting adalah anda mencatat database market anda. ika anda bisa mencatat lebih detail maka lebih bagus

 

  1. Approaching

Setelah tahap berikutnya yaitu approacing, atau kenalan, anda bisa perkenalkan diri anda kalau anda bisnis beras. di tahap prospek tidak semua bisa anda ajak kera sama bisnis beras dengan anda, karena beberapa faktor, misalnya sudah punya pelanggan atau lainnya.

jika ada yang mulai tertarik dengan bisnis beras anda anda bisa mulai meperkenalkan diri dan membangun keakraban dengan customer anda harus lihai dalam hal merayu.

  1. Presenting

Di tahap ini anda bisa mengenalkan semua produk beras anda, di tahap ini anda wajib tahu produk knowladge, apa kelebihan dan kekurangan produk anda.

 

Pada dasarnya tidak hanya penjual aja yang ingin untung, namun pembeli juga inginnya merasa di untungkan, untuk itu anda harus menjelaskan apa saja kelebihan produk anda, baik dari kualitas produk itu sendiri, pelayanan maupun lokasi

 

  1. Hendling objection

Setiap market tidak serta merta cocok dengan prodk kita ada yang suka ada yang gx, ada pula yang keberatan membeli, lah ini seorang marketing harus bisa menghendle keberatan pelanggan, kemampuan presuasi anda di pertaruhkan disini.

  1. Closing

Tahap terakhir yaitu klosing. kalau sudah laku maka tugas anda adalah menalin hubungan bisnis dengan baik agar bisa beralan lancar.

 

  • Pemasaran Online

Kita tau saat ini kita berada di era digital, semua serba online, mulai dari cara bersosial, belanja, pembayaran tiket, traveling, hotel semua pemesanannya di lakukan secara online.

 

Online dan off line bukan dua hal pemasaran untuk di bandingkan, tapi untuk di sandingkan, kita sebagai generasi milenial, harus memahami ini.

Disadari atau tidak saat kita berkumpul kita tak lagi saling sapa, sebuk dengan gatgetnya masing masing. hal ini harus sadari, bagaimana semua pindah habitat ke digital. Apa yang bisa kita lakukan, kita bisa memanfaatkan google, Facebook, IG, WA, Line dll.

Menjadi mitra kami kita akan bantu untuk memberikan cara bisnis di era digital.

Lakukan pendataan secara baik data customer dan calon customer anda, lakukan pendekatan dengan baik database anda,

Database adalah aset pemasaran anda, banyak pebisnis lain di luar sana yang jarang melakukan hal ini, paham?

BACA JUGA : Analisa Usaha Beras

  1. Manajemen Stok Barang

Setelah anda melakukan managemen pemasaran dengan baik, penjualan dengan baik dan pendataan dengan baik, maka anda bisa melakukaan manajemen stok barang berdasarkan manajemen pemasaran di atas, Maksudnya bagaimana?

Dari data pemasaran, anda tau barang yang laris terjual, mana barang yang kurang laris, bagaimana kualitas barang yang anda beli, ketahanan beras dan lain sebagainya.

Lakukan penyetokan barang yang laris lakunya dengan sekala banyak, tentunya memperhatikan fluktuatif barang, saat kapan barang akan naik dan saat kapan barang akan turun, seperti pada prinsip ekonomi pada uamumnya, ketika stok barang banyak maka harga barang akan turun, ketika stok barang terbatas maka harga barang akan naik.

BACA JUGA : KISAH SUKSES AGEN BERAS

Biasanya saat akan terjadi panen raya harga beras akan turun, dan saat musim kemarau harga beras akan meningkat selain itu harga barang akan meningkat menjelang lebaran.

Ketika anda memahami siklus harga anda bisa mengatur stok barang, sehingga bisa meminimalisir resiko

 

  1. Manajemen Keuangan

Anda harus punya catatan keuangan yang bagus, selain untuk mengetahui untung rugi, juga bisa di gunakan untuk mengambil keputusan

Seorang pebisnis harus memiliki Finansial Planner yang baik, perencanaan finansial ini akan menentukan perkembangan bisnis, sisihkan buat perkembangan bisnis, dan investasi, misalnya beli tanah, atau rumah, nantinya kalau teradi apa apa pada bisnis anda sudah memiliki aset yang kapan kapan bisa anda jual.

  1. Manajemen Hutang/Piutang

Dengan manajemen hutang dan piutang yang baik maka usaha anda akan terus berjalan dengan baik, banyak owner merasa bisnisnya untung tapi usaha semakin meredup, karena adanya piutang tak tertagih yang terlupakan, semoga tidak terjadi pada anda

selain itu manajmen hutang/ piutang juga benar benar anda harus pahami karena bisa saja bisnis sudah laku keras namun cash tidak ada, hal ini sangat berbahaya

  1. Manajemen Pengembangan Usaha

Menjadi pebisnis harus memeiliki visi misi yang jelas terhadap arah bisnisnya kedepan.

 

Itulah ulasan tentang Manajemen Usaha Beras Bagi Pemula semoga bermanfaat

jika anda tertarik jual beras anda bisa lihat video ini

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • manajemen usaha beras
  • managemen beras

Bagikan informasi tentang Manajemen Usaha Beras Bagi Pemula kepada teman atau kerabat Anda.

Manajemen Usaha Beras Bagi Pemula | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Manajemen Usaha Beras Bagi Pemula

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 7%
QUICK ORDER
Beras Lurik Organik

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 41.000 Rp 44.000
Ready Stock
Rp 41.000 Rp 44.000
Ready Stock
OFF 14%
QUICK ORDER
Beras Cabe

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 9.500 Rp 11.000
Ready Stock / 003
Rp 9.500 Rp 11.000
Ready Stock / 003
Best Seller
OFF 20%
QUICK ORDER
Nutrisi Hidroponik AB Mix Sayuran

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 20.000 Rp 25.000
Ready Stock
Rp 20.000 Rp 25.000
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225