Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Jenis Benih Padi Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Benih Padi Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada 8 Agustus 2020 oleh backrojez | Dilihat: 1.606 kali

Jenis padi

  1. Inpari

INPARI adalah singkatan dari Inbrida Padi Sawah Irigasi, merupakan padi inbrida yang ditanam dilahan sawah. Inbrida mempunyai arti varietas yang dikembangkan dari satu tanaman melalui penyerbukan sendiri sehingga memliki tingkat kemurnian atau homozigositas yang tinggi.

  1. Inpago

INPAGO adalah singkatan dari Inbrida Padi Gogo. Varietas Padi untuk lahan kering dengan curah hujan rendah, daerah berlereng yang kurang mampu menampung air relatif lama

  1. Hibrida

Hibrida adalah produk persilangan antara dua tetua padi yang berbeda secara genetik. Apabila tetua-tetua diseleksi secara tepat maka hibrida turunannya akan memiliki vigor dan daya hasil yang lebih tinggi daripada kedua tetua tersebut.

Keunggulan padi hibrida adalah:

  • Hasil yang lebih tinggi daripada hasil padi unggul biasa
  • Vigor lebih baik sehingga lebih kompetitif terhadap gulma, dan

Kekurangan padi hibrida adalah:

  1. Harga benih mahal.
  2. Petani harus membeli benih baru setiap tanam, karena benih hasil panen sebelumnya tidak dapat dipakai untuk pertanaman berikutnya.
  3. Tidak setiap galur atau varietas dapat dijadikan sebagai tetua padi hibrida.

Untuk memproduksi hibrida, perlu ada:

  1. Sistem produksi dan distribusi benih nasional,
  2. Program jaminan mutu nasional, dan
  3. Kemampuan nasional untuk mengawasi produksi galur dan benih.

Catatan: Meskipun pada awalnya terdapat banyak kekhawatiran, kini tersedia hibrida dengan kualitas gabah yang baik dan ketahanan yang lebih baik terhadap hama dan penyakit.

  1. Benih Padi Lokal

Benih padi belum berlabel

Jenis benih padi berdasarkan kelas label

 

Tahukah Anda: Kelas Benih Padi Dibagi Berdasarkan Warna Labelnya

Benih merupakan faktor utama dalam keberhasilan peningkatan produktivitaas dalam budi daya. Dengan benih yang berkualitas, petani dapat menikmati hasil panen yang berkualitas pula.

Banyak di pasaran yang menjual benih padi yang bersertifikasi. Di antara benih-benih bersertifikasi tersebut terdapat label-label warna seperti Kuning, Putih, Ungu dan Biru yang menandai kualitas dari benih tersebut.

Untuk memilih benih berkualitas tentunya kita harus memilih benih yang bersertifikat. Bernih bersertifikat sendiri mempunyai arti benih yang melalui produksi seperti tahapan sertifikasi benih dan memenuhi kriteria standar mutu benih yang baik termasuk di lapangan dan saat di laboratorium.

Dalam benih bersertifikat terdapat beberapa benih padi yang digolongkan kedalam beberapa jenis, seperti jenis Breeder seed, Foundation Seed, Registered Seed/Stock Seed dan Certified Seed. Semua jenis benih tersebut diberi tanda berupa label warna ditiap jenisnya.

Ada pun warna dari tiap jenis label benih tersebut adalah sebagai berikut.

1. Label Kuning (Breeder Seed/BS/Benih Penjenis)

Benih penjenis (BS) adalah benih yang diproduksi oleh dan dibawah pengawasan Pemulia Tanaman yang bersangkutan atau instansinya. Benih ini merupakan Sumber perbanyakan Benih Dasar.

Benih ini adalah benih dari hasil pemulia tanaman yang mempunyai sifat kemurnian sangat tinggi atau sangat murni, benih ini mempunyai jumlah sangat sedikit dan dibawah pengawasan pemulia tanaman, benih ini diberi label berwarna kuning dan sangat jarang ditemukan di pasaran.

2. Label Putih (Foundation Seed/FS/Benih Dasar)

Benih Dasar (BD) adalah keturunan pertama dari Benih Penjenis. Benih Dasar diproduksi di bawah bimbingan yang intensif dan pengawasan yang ketat sehingga kemurnian varietas dapat terpelihara.

Benih dasar diproduksi oleh Instansi/Badan yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dan produksinya disertifikasi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi benih.

Banih dengan label putih ini juga jarang ditemukan di pasaran, dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan benih berlabel biru atau ungu.

3. Label Ungu (Stock Seed/SS/Benih Pokok)

Benih Pokok (BP) adalah keturunan dari Benih Dasar yang diproduksi dan dipelihara sedemikian rupa sehingga indetitas dan tingkat kemurnian varietas yang ditetapkan dapat dipelihara dan memenuhi standart mutu yang di tetapkan dan harus disertifikasi sebagai Benih Pokok oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih.

4. Label Biru (Extension Seed/ES/Benih Sebar)

Benih Sebar (BR) merupakan keturunan dari Benih Pokok yang diproduksi dan dipelihara sedemikian rupa sehingga identitas dan tingkat kemurnian varietas dapat dipelihara, memenuhi standar mutu benih yang ditetapkan serta harus disertifikasi sebagai Benih Sebar oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih.

Referensi:

BB Padi

Bagikan informasi tentang Jenis Benih Padi Yang Wajib Anda Ketahui kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis Benih Padi Yang Wajib Anda Ketahui | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Jenis Benih Padi Yang Wajib Anda Ketahui

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 8%
QUICK ORDER
BENIH JAGUNG BISI 18 BIBIT JAGUNG HIBRIDA

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BISI 18 Rp 110.000 Rp 120.000
Ready Stock
Rp 110.000 Rp 120.000
Ready Stock
OFF 18%
QUICK ORDER
BENIH PADI MEKONGGA LABEL PUTIH KEMASAN 5 KG

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 180.000 Rp 220.000
Ready Stock
Rp 180.000 Rp 220.000
Ready Stock
OFF 25%
QUICK ORDER
BIBIT BUNGA CAMELIA

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 30.000 Rp 40.000
Ready Stock
Rp 30.000 Rp 40.000
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225