Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Jadwal makan Bayi 6 Bulan Menurut Dokter Anak

Jadwal makan Bayi 6 Bulan Menurut Dokter Anak

Diposting pada 26 Desember 2019 oleh backrojez | Dilihat: 1.285 kali

jadwal makan bayi 6 bulan menurut dokter anak-memiliki bayi adalah dambaan bagi semua keluarga, selain anugerah terindah dari tuhan, kehadirannya memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua, bak sebuah obat di kalah lelah

saking berharganya, pertumbuhannya sangat di perhatikan. Usia bayi menginjak 6 bulan adalah awal mula mpasi di mulai, tak heran jika ibu ingin tahu jadwal makan bayi 6 bulan menurut dokter anak

banyaknnya informasi tentang mpasi acapkali membuat bingung, apalagi dedek bayi, merupakan anak pertama.

Jangan terlambat mengenalkan si kecil dengan MPASI. Kalau ia sudah bisa menegakkan kepala, bisa duduk dengan bantuan atau kadang memasukkan benda ke mulutnya, itu artinya si kecil sudah siap menerima makanan pertamanya.

Bayi berusia 6 bulan yang diberikan ASI dan makanan tambahan berpotensi tumbuh menjadi anak hebatAnak hebat itu pintar tidak hanya dari sisi intelegensi (IQ) semata, namun juga pintar dari sisi emosional (EQ) seperti memiliki rasa peduli terhadap sekitar dan cepat tanggap saat mendapat informasi baru dari lingkungan.

Nah, pasti Ibu ingin si kecil tumbuh jadi anak hebat, kan? Karena itu, penuhi semua kebutuhan nutrisi harian sejak dini secara terjadwal. MPASI ini bisa berupa makanan lembut agak cair seperti bubur susu, bubur buah maupun bubur sayuran dan yogurt.

Kendati telah mengonsumsi makanan tambahan, ASI harus terus diberikan hingga usia 2 tahun karena makanan tambahan tersebut sifatnya hanya untuk mendampingi atau melengkapi nutrisi si kecil ketika pencernaannya sudah siap mengolah makanan.

Sebagian ibu mungkin masih merasa bingung untuk merencanakan menu sehat buat si kecil yang berusia 6 bulan. Kalau tidak direncanakan atau dijadwal dengan baik, bisa-bisa si kecil malah rewel karena lapar dan ibu kesulitan membentuk rutinitas pola makannya.

Jadi, agar ibu lebih gampang menyiapkan MPASI buat si kecil setiap hari. Yuk, simak dulu jadwal pemberian MPASI untuk bayi 6 bulan berikut ya, Bu…

Jadwal Makan Bayi Umur 6 Bulan Menurut Dokter Anak

 No.  Jam Bentuk  Makanan  Jumlah
 1. 06.00 ASI Sekehendak bayi
 2. 09.00 Bubur,  buah/sari  buah, 2-3 sendok makan secara bertahap tingkatkan perlahan  sampai ½  gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml  MPASI tiap kali makan.
 3. 12.00 ASI Sekehendak bayi
 4. 15.00 Bubur,  buah/sari  buah 2-3 sendok makan secara bertahap tingkatkan perlahan  sampai ½  gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml  MPASI tiap kali makan.
 5. 18.00 ASI Sekehendak bayi
 6. 21.00 ASI Sekehendak bayi

 

Seperti yang bisa dilihat pada tabel, makanan pendamping ASI berbentuk lumat bisa diberikan 2-3 kali sehari dengan makanan selingan berupa buah atau biskuit sebanyak 1-2 kali sehari. Jumlah takaran 2-3 sendok secara bertahap hingga mencapai ½ gelas atau 125 ml setiap kali makan.

MPASI yang diberikan berupa makanan lumat seperti daging/ikan/telur, tahu/tempe  dan  buah  yang dilumatkan/disaring, seperti tomat saring, pisang lumat halus, serta pepaya lumat atau air jeruk manis. Untuk jenis bubur, Ibu dapat membuat bubur susu maupun bubur ASI.

Secara bertahap teksturnya bisa diganti makanan yang lembik atau dicincang yang mudah ditelan bayi seperti bubur nasi campur, nasi tim halus, dan bubur kacang hijau.

Usahakan untuk mengenalkan beragam jenis makanan, buah atau sayur pada bayi untuk mendukung asupan nutrisi sang buah hati seperti protein, Kalsium, Zin, zat besi, vitamin A dan vitamin C serta folat.

Jika Ibu memberikan MPASI pada bayi usia 6 bulan sesuai jadwal, Ibu akan lebih mudah membentuk pola makan secara rutin untuk mengoptimalkan perkembangan fisik dan mentalnya.

Ayo Bu, dukung si kecil jadi anak hebat dengan memberikan MPASI sesuai jadwal ya

 

Sumber : bebeclub

 

 

Bagikan informasi tentang Jadwal makan Bayi 6 Bulan Menurut Dokter Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Jadwal makan Bayi 6 Bulan Menurut Dokter Anak | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Jadwal makan Bayi 6 Bulan Menurut Dokter Anak

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 18%
QUICK ORDER
BENIH PADI MEKONGGA LABEL PUTIH KEMASAN 5 KG

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 180.000 Rp 220.000
Ready Stock
Rp 180.000 Rp 220.000
Ready Stock
OFF 30%
QUICK ORDER
PUPUK NPK PAK TANI 16 16 16 KEMASAN 1 KG

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 21.000 Rp 30.000
Ready Stock
Rp 21.000 Rp 30.000
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Ir 66

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225