Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Panen Padi Melimpah sehingga Hasil Panen Padi Tertinggi

Cara Panen Padi Melimpah sehingga Hasil Panen Padi Tertinggi

Diposting pada 19 Januari 2019 oleh backrojez | Dilihat: 2.384 kali

Cara Panen Padi Melimpah – Banyak petani yang mengeluhkan biaya perawatan padi yang mahal tidak sebanding dengan hasil panen, biaya perawatan mulai dari pemupukan, pengelolaan dan pengobatan, Saat hasil panen di harapkan, ternyata tidak berlimpah sesuai kharapan.   Tanaman Padi merupakan jenis tanaman pangan penghasil beras sebagai makanan pokok orang Indonesia. Tergolong kedalam jenis rumput-rumputan (Poaceae) sebagai tanaman terpenting ke-5 (lima) setelah jagung, telah ada 100-800 SM di Hastinapura Uttar Pradesh, India. Selain di Indonesia padi juga menjadi makanan pokok negara-negara di benua Asia seperti China, India, Thailand, Vietnam dan lain-lain. Panen Padi merupakan kegiatan akhir dari setiap budidaya dan permulaan dilakukan penanganan pascapenen. Bertujuan mendapatkan hasil gabah pada tingkat kematangan optimal,mencegah kerusakan  dan kehilangan hasil seminimal mungkin. Tanaman padi siap untuk dipanen apabila 95 % butir sudah menguning (33-36 hari setelah berbunga), bagian bawah malai masih terdapat sedikit gabah hijau, kadar air gabah 21-26 %, butir hijau rendah. Cara Meningkatkan Hasil Panen Padi Tanaman padi teramat penting dalam penunjang kebutuhan hidup sehari-hari dan perekonomian petani dalam mencapai kesejahteraan hidup. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan hasil panen padi sawah antara lain; pengunaan benih bermutu,penentuan jarak tanam (sistem tanam),pemeliharaan tanaman (pemupukan,pengendalian HPT ) serta penanganann pascapanen yang baik. Penggunaan Benih Bermutu Salah satu faktor kunci keberhasilan dalam pembudidayaan tanaman padi adalah mengunakan benih padi yang bermutu tinggi, mampu beradaptasi dan berproduktivitas hasil panen tinggi. Terdapat berbagai varietas benih bermutu antara lain varietas Mekongga, Mira 1, Batang Gadis, Ciherang, Cigeulis, Ciliwung, Cibogo dan Bondoyudo.   Cara sederhana dalam memilih benih padi bermutu dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana yaitu dengan merendam benih dalam larutan garam dengan menggunakan indikator telur. Letakkan telur didasar air dan masukkan garam hingga telur terangkat dipermukaan, selanjutnya telur diambil dan benih dimasukkan ke dalam air garam selanjutnya benih yang mengambang dibuang. Keuntungan dalam mengunakan benih padi bermutu antara lain; benih memiliki pertumbuhan yang cepat serta seragam, bibit mampu tegar dan sehat saat di semaikan,memasuki fase tanam bibit mampu tumbuh lebih cepat dan menghasilkan produktivitas hasil yang tinggi. Sistem Tanam Merupakan upaya pengaturan jarak tanam dengan mengunakan sistem tanam,berfungsi meningkatkan jumlah populasi tanaman padi dilahan persawahan. Umumnya petani mengunakan sistem tanam jajar legowo yang terbukti dapat meningkatkan hasil panen padi per hektarnya. foto : Sistem tanam jajar legowo Keuntungan Jajar Legowo:

  • Semua barisan rumpun tanaman berada pada bagian pinggiryang biasanya memberi hasil lebih tinggi
  • Lebih mudah untuk mengendalikan hama, penyakit & gulma
  • Pada tahap awal areal pertanaman lebih terang sehingga kurang disenangi tikus
  • Menyediakan ruang kosong untuk pengaturan air, saluran pengumpul keong emas atau mina padi
  • Penggunaan pupuk lebih berdaya guna

Pemeliharaan Tanaman Padi Merupakan bagian terpenting dalam setiap kegiatan pembudidayaan dan upaya meningkatkan hasil panen padi antara lain; pengunaan pupuk yang berimbang,pengendalian gulma dan HPT,penanganan panen dan pasca panen. Pemupukan Berimbang Merupakan kegiatan pemberian berbagai unsur hara baik makro dan mikro dalam bentuk pupuk untuk memenuhi kekurangan hara yang dibutuhkan tanaman berdasarkan Tingkat hasil yang ingin dicapai dan keterkecukupan unsur hara dalam tanah.Perlu sahabat pertanian ketahui bahwa untuk menghasilkan tiap ton gabah tanaman padi membutuhkan pasokan unsur hara Nitrogen (N) sebanyak 17,5 kg , Posfor (P)sebanyak 3 kg dan Kalium (K) sebanyak 17 kg. Dengan demikian untuk mendapatkan hasil produksi gabah tinggi,sudah tentu dan pasti sangat dibutuhkan pupuk yang lebih banyak, Akan tetapi pemupukan bukan salah cara penentuan keberhasilan tanaman padi juga masih tetap memperhatikan daya dukung lingkungan setempat dengan melihat produktivitas padi pada tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu,supaya pemberian pupuk efektif dan efisien, penggunaan pupuk disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dan ketersediaan hara dalam tanah.   Penyiangan Bertujuan untuk mengendalikan tingkat pertumbuhan gulma sebagai pesaing tanaman utama dalam mengambil unsur hara tanaman. Pengendalian cukup dilakukan dengan cara mencabut rumput yang dua kali saat berumur 3 dan 6 minggu dengan menggunakan cangkul kecil. Hama Dan Penyakit Tanaman Padi Hama lain yang sering menyerang adalah  hama putih,  thrips, wereng, walang sangit, kepik hijau,  penggerek batang padi, tikus , dan burung. Sementara itu penyakitnya adalah penyakit bercak daun coklat, penyakit blast, Busuk pelepah daun, fusarium, penyakit kresek atau hawar daun dan penyakit tungro. untuk mengatasi hama dan penyakit tanaman padi anda bisa menggunakan furadan

  • furadan 3GR insektisida/nematisida sistemik berbentuk butiran berbahan aktif karbofuran yang di sempurnakan dengan teknologi baru, sangat efektif kendalikan penggerek batang, seperti beluk, larva, kupu
  • terbukti kualitasnya dan di percaya Petani Indonesia selama 40 tahun
  • dengan dosis 20kg/hektar, aman bagi tanaman dan tidak mematikan musuh alami

Penanganan Panen Padi Adapun penanganan panen padi yang diantaranya yaitu: Panen Padi Merupakan kegiatan akhir dari setiap budidaya dan permulaan dilakukan penanganan pascapenen. Bertujuan mendapatkan hasil gabah pada tingkat kematangan optimal,mencegah kerusakan  dan kehilangan hasil seminimal mungkin. Penentuan waktu dan cara panen padi yang tepat akan memberikan keuntungan dengan hasil gabah memuaskan,dalam menghasilkan gabah dan beras berkualitas baik serta meminimalisir kehilangan hasil gabah. Penentuan Waktu Panen Seperti kita ketahui bersama bahwa penentuan waktu panen yang kurang tepat akan menurunkan kualitas mutu gabah dan beras. Terdapat beberapa cara dalam menentukan waktu panen antara lain:

  • Diskripsi varietas padi, umur  panen padi yang  tepat dilakukan 30  sampai  35  hari  setelah berbunga merata atau  135  sampai  145  hari  setelah  tanam.
  • Kadar air gabah telah mencapai 22 –  23  %  pada musim kemarau , dan  kadar air 24 – 26  %  di musim  penghujan
  • Pengamatan Visual dilakukan dengan cara mengamati serta melihat kenampakan padi pada hamparan sawah. Panen akan optimal bila 90-95 %  butir  gabah  pada malai padi sudah berwarna  kuning atau kuning  keemasan.
  • Pengamatan Teoritis dilakukan dengan cara mengamati serta melihat jenis varietas  padi  dan mengukur  kadar  air  dengan Moisture tester.

tidak cukup di situ untuk hasil bobot padi yang meningkat anda bisa menggunakan :

  • Opus mengendalikan penyakit utama pada tanaman padi
  • menjadikan daun bendera tetap hijau dan proses fotosintesa maksimal
  • bulir padi terisi penuh dan produksi maksimal
  • menghasilkan beras kepala lebih banyak

kami jual opus, informasi lebih lanjut hubungi : 081214947225

Bagikan informasi tentang Cara Panen Padi Melimpah sehingga Hasil Panen Padi Tertinggi kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Panen Padi Melimpah sehingga Hasil Panen Padi Tertinggi | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Cara Panen Padi Melimpah sehingga Hasil Panen Padi Tertinggi

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi IF17

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

distributor bibit padi unggul *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Best Seller
OFF 10%
QUICK ORDER
Benih Padi M400

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 95.000 Rp 105.000
Ready Stock
Rp 95.000 Rp 105.000
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Towuti

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225