Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Beras sehat, Cara Mengetahui Beras Berpemutih dan Tidak

Beras sehat, Cara Mengetahui Beras Berpemutih dan Tidak

Diposting pada 1 Agustus 2017 oleh backrojez | Dilihat: 1.655 kali

Mengenali Beras Berpemutih dan tidak

Pada hakikatnya persaingan bisnis akan membawa keekonomian pada harga-harga komoditas. Namun kadang kala terjadi persaingan bisnis yang tidak sehat. Seperti maraknya beras di pasaran yang mengandung bahan-bahan kimia pemutih, pelicin dan pewangi.

Persaingan bisnis telah menggoda sebagian pedagang nakal untuk mempercantik tampilan beras agar terlihat lebih putih dan beraroma wangi. Bahan-bahan kimia yang tidak diperkenankan untuk dikonsumsi sebagai makanan kadang-kadang ditambahkan ke dalam beras. Harapannya konsumen tertipu agar beras bermutu buruk bisa dihargai lebih tinggi.

Tentunya kondisi ini sangat mengkhawatirkan bagi kita. Selanjutnya, bagaimana agar kita bisa mengenali beras bebas pemutih?

Secara alami memang terdapat beberapa varietas beras yang berpenampilan putih dan bersih. Namun perlu diketahui bahwa warna alami beras adalah bening kekuningan kecuali pada jenis beras ketan. Agar penampakan beras terlihat lebih bersih, biasanya beras digiling secara berulang kali agar kulit ari yang berwarna kekuningan terkikis. Dengan mengikis kulit arinya kita akan mendapatkan beras yang lebih bersih dan putih, meskipun sebenarnya kandungan vitamin pada kulit ari ikut terbuang. Nah, bagaimana kita bisa mendapatkan beras bebas pemutih berikut cara-caranya.

Untuk mengetahui secara pasti apakah beras yang kita beli mengandung zat berbahaya, tentunya perlu penelitian laboratorium. Namun bukan berarti masyarakat umum tidak bisa mengenalinya. Guru besar Institut Pertanian Bogor, Dr. Tien R. Muchtadi, memberikan cara mengidentifikasi bahan-bahan kimia tak lazim yang ditambahkan pada beras. Tips ini menolong kita mengenali pemutih, pelicin dan pewangi hanya dengan menggunakan indra kita.

  • Bila kita mendapatkan beras dengan warna terlalu putih dan ketika diraba terasa licin di telapak tangan, bisa dicurgai kalau beras tersebut mengandung pemutih.
  • Beras yang telah ditambahkan pemutih mengeluarkan bau yang tidak lazim seperti bau kimia. Bila disimpan selama beberapa hari akan mengeluarkan bau yang kurang sedap. Ketika dicuci, air hasil cucian tidak keruh dan ketika dimasak nasinya berasa sedikit asam.
  • Zat klorin biasanya digunakan untuk memutihkan warna beras. Beras yang sudah diberi klorin berwarna putih pekat, tidak bening.
  • Beras yang mengandung klorin, ketika dimasak tidak tampak seputih semula dan tentunya rasanya kurang enak.
  • Kenali jenis-jenis beras yang beraroma wangi, misalnya pandan wangi. Beras jenis ini bentuknya cenderung membulat, tidak memanjang. Bila menemukan beras yang tidak sesuai dengan ciri-ciri pandan wangi tetapi berabau pandan bisa dicurigai menggunakan pewangi.
  • Ambil segengam beras lalu remas dengan telapak dan jari tangan. Beras dengan tambahan pelicin biasanya akan terasa licin saat diremas, namun ketika dilepaskan banyak butiran yang menempel pada tangan kita.

sekarang di depan kita sudah ada berbagai macam beras dengan ragam kualitasnya. Seperti apa sih kriteria beras yang anda pilih untuk anda konsumsi ? Apakah beras yang putih, sedang atau cenderung beras yang berwarna kecoklatan ? Sebagian besar masyarakat kita cenderung akan memilih beras yang berwarna putih bersih, konon katanya beras putih itu bersih dan enak. Tahukah anda, beras itu mengandung pemutih chlorin ?

  • Klorin merupakan zat kimia yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme dan sebagai pemutih. Beras yang berwarna putih bersih, biasanya dicuci dengan menggunakan klorin. Pada beras yang normal, warna air rendamannya akan berwarna agak kuning tidak seputih air rendaman pada beras yang mengandung klorin.
  • Cara Mengetahui Beras Mengandung Pemutih Klorin :
  • Pada saat direndam tercium bau kimia
    2. Air rendamannya tidak wajar, berwarna putih
Klorin
  • Nah sekarang kita semua sudah tahu, beras yang putih sebenarnya tidak selalu sehat. Beras yang mengandung pemutih biasanya lebih rapuh. Justru yang paling baik dan mengandung serat lebih banyak terdapat pada beras yang berwarna agak coklat. Beras yang berwarna coklat atau merah lebih banyak mengandung serat dibanding beras putih.

 

  • Bahaya Klorin Bagi Kesehatan
  • Tahukah anda klorin itu sangat berbahaya untuk kesehatan kita. Klorin dapat menyumbat pembuluh darah tersumbat dan juga bisa mengakibatkan terpicunya serangan jantung. Selain itu klorin juga mempunyai potensi terbentuknya trihalometan yang tentunya karsinogenik atau dapat memicu kanker,… Nah…. masih mau mengkonsumsi beras yang mengandung pemutih ini ? Sebaiknya anda pilih beras organik saja untuk kesehatan keluarga anda.Semoga informasi ini berguna bagi kita semua, dan tentunya kita sebagai konsumen harus pintar dan waspada terhadap kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh penjual beras yang memutihkan beras dengan zat klorin yang berbahaya ini. Terimakasih sudah membaca artikel dengan judul Waspadai Bahaya Beras Pakai Pemutih ini semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Beras sehat, Cara Mengetahui Beras Berpemutih dan Tidak kepada teman atau kerabat Anda.

Beras sehat, Cara Mengetahui Beras Berpemutih dan Tidak | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Beras sehat, Cara Mengetahui Beras Berpemutih dan Tidak

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi Japonica Terabas

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Inpari 16

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual benih padi boyolali *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Cimelati

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225