Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » 8 Sistem Hidroponik Yang Bisa Anda Coba Di Rumah

8 Sistem Hidroponik Yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Diposting pada 23 Agustus 2020 oleh backrojez | Dilihat: 1.238 kali

assalamualaikum sahabat j-rice. kali ini kita akan membahas tentang 8 sistem hidroponik yang bisa anda coba di rumah,

jika anda ingin memulai memanfaatkan lahan di rumah anda agar produktif dan bermanfaat anda bisa mencoba untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

hidroponik ini sangat relefan apabila di lestarikan di urban. pasalnya praktis dan tidak memakan tempat yang lebar

selain bisa di gunakan sendiri untuk kebutuhan sehari hari anda juga bisa menggunakannya untuk ladang bisnis

sebelum kita membahas tentang sistem hidroponik anda harus tahu apa itu hidroponik

1. Pengertian Sistem Hidroponik

Metode menanam hidroponik sangat tepat untuk Anda yang memiliki keterbatasan lahan. (Foto: Pixabay)

Metode menanam hidroponik sangat tepat untuk Anda yang memiliki keterbatasan lahan. (Foto: Pixabay)

Pada umumnya seseorang menanam berbagai tanaman akan dilakukan pada media tanah. Media tanah sering digunakan karena di dalamnya terdapat banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tumbuhan dan tanaman. Selain itu juga media tanah merupakan cara yang paling mudah untuk menanam karena tanaman akan bisa tumbuh dengan cepat.

Akan tetapi, tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk menanam pada media tanah karena terdapat keterbatasan lahan. Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menanam berbagai tanaman dengan mudah yaitu dengan menggunakan metode hidroponik.

Rumus Menetapkan Harga Rumah Kontrakan

Investasi Properti

Rumus Menetapkan Harga Rumah Kontrakan

Dilansir dari Wikipedia, hidroponik adalah salah satu metode yang digunakan untuk menanam berbagai bentuk tanaman dengan tanpa menggunakan tanah dan hanya mengandalkan media air yang telah dicampur dengan larutan mineral dan nutrisi lainnya. Beberapa jenis nutrisi yang dipakai untuk tanaman yang ditanam secara hidroponik adalah seperti menggunakan pupuk yang berasal dari hewani atau menggunakan pupuk kimia seperti urea yang telah dilarutkan.

Beberapa jenis tanaman yang cukup sering ditanam dengan menggunakan metode hidroponik adalah tomat, timun, selada air hingga cabai. Tanaman yang ditanam dengan menggunakan media hidroponik terbukti lebih sedikit menggunakan air jika dibandingkan dengan metode penanaman dengan media tanah pada umumnya.

Teknik penanaman hidroponik menjadi sangat populer karena kemudahan dan efisiensinya dalam menggunakan lahan yang Ada. Anda tidak membutuhkan ruangan yang luas bahkan Anda bisa membuatnya sendiri dalam sebuah ruangan kecil yang ada pada rumah Anda.

2. Lahan Kecil untuk Menanam Sistem Hidroponik di Rumah

Sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang banyak pada rumah Anda. (Foto: Pixabay)

Sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang banyak pada rumah Anda. (Foto: Pixabay)

Menanam tanaman dengan metode hidroponik sangatlah menguntungkan karena Anda tidak akan dibatasi oleh lahan untuk menanamnya. Sistem ini pertama kali dicoba pada tahun 1699 dan terus disempurnakan hingga saat ini. Metode ini sangatlah populer pada negara-negara di Eropa yang pada umumnya orang memiliki lahan hunian tempat tinggal yang terbatas namun masih tetap ingin memiliki tanaman hijau pada tempat tinggalnya.

Memiliki rumah dengan luas kecil tidak berarti menghalangi kegiatan di rumah. Salah satunya adalah dengan mengandalkan sistem hidroponik yang memungkinkan Anda untuk memiliki kebun organik pada rumah bertipe kecil. Berikut ini adalah daftar rumah di bawah 72 meter persegi yang sangat terjangkau.

3. 8 Jenis Sistem Hidroponik

Menanam dengan menggunakan media tanah memang mudah. Namun, metode hidroponik memiliki metode dan caranya tersendiri agar tanaman Anda bisa tumbuh subur dengan mudah. Dilansir dari Fresh Water Systems, inilah 8 jenis sistem hidroponik yang bisa Anda gunakan sendiri di rumah Anda:

1. Sistem Wick

Sistem wick sangat mudah untuk diterapkan di rumah Anda. (Foto: Green and Vibrant)

Sistem wick sangat mudah untuk diterapkan di rumah Anda. (Foto: Green and Vibrant)

Sistem hidroponik wick adalah salah satu metode hidroponik yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan. Dalam sistem wick, tanaman akan ditempatkan pada sebuah wadah yang diletakkan tepat pada sebuah tempat penyimpanan air. Wadah penyimpanan air tersebut sebelumnya sudah diberikan larutan nutrisi seperti pupuk dan penyubur tanaman. Sistem ini bisa dibuat dengan mudah hanya dengan menggunakan tali atau kain wol dan wadah yang terbuat dari plastik.

Sistem wick ini menggunakan metode yang bernama kapiler yang di mana tali atau kain akan menyerap air secara perlahan layaknya sebuah spons dan akan langsung mentransfer air dan nutrisi tersebut pada tanaman yang Anda tanam. Menanam tanaman hidroponik dengan menggunakan sistem wick memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dan membatasi jenis-jenis tanaman yang bisa Anda tanam. Metode ini juga cocok digabungkan dengan sistem aerasi agar tanaman bisa mendapatkan oksigen lebih banyak.

2. Sistem Deep Water Culture

Sistem hidroponik yang selanjutnya adalah sistem deep water culture. Metode ini cukup sederhana karena tanaman yang akan Anda tanam cukup dimasukkan ke dalam air aerasi. Metode ini merupakan salah satu metode hidroponik yang paling sederhana dan paling populer digunakan oleh banyak orang. Banyak yang beranggapan bahwa metode ini merupakan sistem hidroponik yang paling tidak repot untuk dilakukan.

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Ukuran Kasur yang Wajib Anda Tahu

Akar dari tanaman yang akan Anda tanam akan selalu berada di bawah permukaan air sehingga Anda akan membutuhkan sistem aerasi yang benar agar tanaman Anda bisa tumbuh secara normal dan cepat. Pasanglah sistem aerasi pada dasar wadah dan mengalirkan udara dari mesin oksigen dengan menggunakan selang karet yang sudah dilubangi agar oksigen bisa terbagi secara merata pada seluruh tanaman.

3. Sistem Aeroponik

Sistem hidroponik yang selanjutnya adalah sistem aeroponik. Metode aeroponik ini menggunakan air yang sudah dikabutkan dan dialirkan pada akar-akar dari tanaman yang sudah disusun dengan cara sedemikian rupa. Metode penanaman ini termasuk salah satu cara yang paling sulit untuk dilakukan dan mahal tetapi tidak memerlukan tempat yang banyak di rumah Anda.

4. Sistem Drip

Penanaman dengan sistem drip cukup kompleks untuk dilakukan tetapi tidak membutuhkan banyak biaya. (Foto: Maximum Yield)

Penanaman dengan sistem drip cukup kompleks untuk dilakukan tetapi tidak membutuhkan banyak biaya. (Foto: Maximum Yield)

Metode hidroponik yang selanjutnya adalah sistem drip. Metode ini menggunakan sistem aerasi untuk mengalirkan air yang sebelumnya sudah diberikan nutrisi seperti pupuk dan penyubur tanaman dan akan diteteskan pada akar dan batang tanaman secara berkala. Metode ini memang cukup kompleks karena Anda harus memastikan agar air hasil aerasi yang berlebihan terbuang dan tidak membuat tanaman Anda menjadi busuk karena kelebihan nutrisi. Metode ini juga memungkinkan Anda untuk menanam tanaman yang berukuran besar karena tidak memerlukan banyak tempat untuk mengaliri air pada bagian bawah dari wadahnya.

5. Metode EBB dan Flow

Metode penanaman hidroponik berikutnya adalah EBB dan Flow. Pada metode ini terdapat sebuah timer yang akan mengatur waktu untuk mengaliri air yang sudah diberikan pupuk pada tanaman Anda dalam waktu yang sudah ditentukan. Metode ini juga menggunakan tabung untuk mengaliri air yang berlebih agar tidak merusak tanaman dan buah yang sudah Anda tanam.

6. Metode Nutrient Film

Metode nutrient film membutuhkan ketelitian dan perawatan yang dilakukan secara berkala. (Foto: Reddit)

Metode nutrient film membutuhkan ketelitian dan perawatan yang dilakukan secara berkala. (Foto: Reddit)

Pada metode nurtrient film, tanaman hidroponik Anda akan secara berkala dialirkan air yang mengandung pupuk dan nutrisi lainnya dengan menggunakan pipa di bawah tanaman yang Anda tanam. Metode ini cukup berbeda dengan cara lainnya karena akar dari tanaman Anda tidak akan terendam di dalam air dan hanya akan dialiri oleh air saja. Metode ini mengharuskan Anda agar akar dari tanaman tidak menutupi aliran air dan menjadikan tanaman lain menjadi kekurangan nutrisi.

7. Metode Bubbleponic

Sesuai dengan namanya, metode ini mengandalkan gelembung udara yang dihasilkan oleh sistem aerasi agar tanaman Anda bisa terus tumbuh dan mendapatkan oksigen dengan cukup. Metode ini juga mengharuskan agar akar dari tanaman Anda tetap berada di dalam air dan sudah dialiri oleh nutrisi agar tanaman bisa tumbuh dengan subur

8. Sistem Fertigasi

Metode yang terakhir bisa Anda gunakan adalah sistem fertigasi. Teknik ini mengharuskan Anda untuk mengalirkan air yang mengandung nutrisi dan unsur hara dengan menggunakan cara irigasi. Dalam sistem ini biaya untuk melakukan pemupukan akan berkurang karena pupuk akan langsung diberikan secara bersamaan dengan penyiraman tanaman Anda. Metode ini juga membuat Anda menjadi lebih berhemat karena pemakaian pupuk akan menjadi berkurang karena akan diberikan pada tanaman Anda dalam jumlah yang sedikit namun secara terus menerus.

Tip Rumah
Mulailah menanam dengan metode hidroponik yang paling mudah dan sederhana terlebih dahulu agar Anda tidak mengalami kesulitan di kemudian hari.

4. Tanaman yang Cocok untuk Hidroponik

Tidak semua tanaman bisa ditanam dengan metode hidroponik. (Foto: Pixabay)

Tidak semua tanaman bisa ditanam dengan metode hidroponik. (Foto: Pixabay)

Untuk Anda yang ingin memulai menanam tanaman dengan menggunakan metode hidroponik ini tentunya harus mengetahui tanaman apa saja yang cocok dengan metode hidroponik ini. Tidak semua tanaman mendukung metode ini karena ukurannya yang berbeda-beda sedangkan metode hidroponik memiliki batasan besaran tanaman yang bisa Anda tanam. Inilah beberapa tanaman yang cocok untuk hidroponik yang dilansir dari Safer Brand:

  • Selada air
  • Bayam
  • Stroberi
  • Paprika
  • Ketumbar dan aneka tumbuhan yang berukuran kecil lainnya.

5. Tips Memulai Berkebun Sistem Hidroponik di Rumah

Memulai berkebun sendiri adalah salah satu cara untuk menyalurkan hobi Anda. (Foto: Pexels)

Memulai berkebun sendiri adalah salah satu cara untuk menyalurkan hobi Anda. (Foto: Pexels)

Berkebun adalah salah satu cara terbaik untuk menyalurkan hobi sekaligus mengisi waktu luang Anda. Metode hidroponik juga merupakan cara yang paling mudah apabila Anda memiliki lahan yang terbatas. Agar Anda bisa memulai berkebun secara hidroponik dengan benar maka Anda harus mengikuti beberapa tahapan di bawah ini:

  • Pertama, Anda harus mengerti tentang sistem hidroponik apa yang ingin Anda coba dan pelajarilah terlebih dahulu apa saja kebutuhan yang harus Anda siapkan sebelum memulainya.
  • Dengan mengerti sistem hidroponik, otomatis akan membuat Anda menjadi lebih paham apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada.
  • Anda juga perlu menyiapkan bibit tanaman yang akan Anda tanam, sesuaikanlah dengan ukuran dari lahan hidroponik yang Anda punya.
  • Pastikan agar sistem aerasi terus berjalan agar tanaman Anda tidak mengalami kekurangan oksigen. Selain itu juga pastikanlah agar air yang ada tidak tercemar oleh larutan pupuk yang berlebihan dan harus secara rutin diganti.
  • Konsisten dan bersabarlah karena menanam tanaman bukanlah sebuah proses yang instan.

Itulah beberapa metode berkebun dengan sistem hidroponik. Semoga dengan membaca artikel ini bisa membuat Anda menjadi lebih tertarik untuk berkebun dengan cara hidroponik meskipun memiliki keterbatasan lahan pada tempat tinggal Anda.

Bagikan informasi tentang 8 Sistem Hidroponik Yang Bisa Anda Coba Di Rumah kepada teman atau kerabat Anda.

8 Sistem Hidroponik Yang Bisa Anda Coba Di Rumah | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk 8 Sistem Hidroponik Yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi MR 219

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Benih Padi Mr 219 *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
OFF 29%
QUICK ORDER
BENIH KACANG PANJANG PERTIWI KEMASAN 100 GRAM

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 35.000
Ready Stock
QUICK ORDER
Siliwangi Agritan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225