Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » 8 Manfaat Beras Merah, yang Perlu di Ketahui

8 Manfaat Beras Merah, yang Perlu di Ketahui

Diposting pada 11 Juni 2017 oleh backrojez | Dilihat: 1.268 kali

 

J-rice.id Bismillah, selain beras Putih, ternyata ada varietas lain dari beras, yaitu beras merah, terus apa bedanya beras putih dan beras merah. Beras merah adalah salah satu jenis beras yang tidak digiling dan termasuk padi-padian alamiah yang mengandung antosianin yang merupakan sumber warna merah. Kadar Indeks Glikemiks ( IG ) yang rendah dan kandungan nutrisi, serat, Vitamin dan Mineral yang tinggi pada beras merah dapat mencegah peningkatan glukosa darah secara berlebihan. kali ini kita akan membahas 8 manfaat beras merah

Beras merah sering digunakan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan serta bagi penderita diabetes. Beras merah memang termasuk ke dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah biasa di makan seperti nasi putih yang umumnya dikonsumsi orang Indonesia. ads Seiring berjalannya waktu, penduduk Indonesia mulai menyadari keunggulan beras merah dibandingkan beras biasa yang digunakan sebagai makanan pokok. Nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak daripada nasi merah namun, beras merah mengandung zat gizi baik yang tidak dipunyai nasi putih. Berikut ini akan saya kupas tuntas mengenai kandungan dan manfaat beras merah. Kapan Anda Harus Konsumsi Beras Merah ?

  1. Ketika sedang diet.
  2. Menghindari diabetes
  3. Sudah terkena diabetes
  4. Mengalami penyakit jantung
  5. Mencegah penyakit jantung
  6. Menurunkan kolesterol
  7. Meningkatkan HDL.

Mengapa beras merah efektif untuk beberapa keluhan di atas ? nah pada artikel ini kita akan ulas secara mendetil. Banyak alasan mengapa anda harus menganti beras putih anda menjadi beras merah. Selain untuk menjaga kesehatan, tentu nutrisinya sangat penting untuk kebutuhan nutrisi tubuh.

Selanjutnya, mari kita simak berbagai kandungan gizi dan nutrisi serta mitos mengenai beras merah. Kandungan Gizi pada Beras merah Sebagai salah satu jenis makanan pokok kandungan beras merah memberikan sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Namun mengapa beras merah ini berbeda dengan sumber karbohidrat lain? Sumber karbohidrat kompleks dari beras merah ini, membuatnya lebih unggul. Selain itu beras merah mengandung sejumlah nutrisi lain juga terkandung di dalamnya. Setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah dimasak memiliki, kurang dari 110 kalori. Presentasi kandungan beras merah ini membentuk persentase ((livestrong.comBrown Rice Nutrition Facts, diakses 04 Februari 2015))

  • Karbohidrat– 85 % (  8% berasal dari protein dan 7% lemak )
  • Serat– 7% ( dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
  • Vitamin B– ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin).  Manfaat vitamin B ini cenderung untuk bekerja bahu-membahu untuk menarik energi dari makanan di makan, selain itu mendukung proses otak dan pembentukan sel darah.
  • Magnesium, fosfor dan kalsium– untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
  • Kalium– untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung

Info Seputar Beras Merah Manfaat beras merah telah beredar luas di masyarakat yang ada di Indonesia, berikut adalah beberapa klaim yang diyakini masyarakat mengenai beras merah.

  • Beras merah untuk orang diabetes
  • Beras merah untuk diet
  • Beras merah untuk kesehatan jantung
  • Beras merah tidak enak di makan.

Terkait beberapa informasi di atas, memang ada berbagai info yang cukup akurat mengenai khasiat beras merah, namun apakah benar seperti ibut ? Berikut ini adalah manfaatnya secara detil. Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

  1. Menurunkan Berat badan

Banyak orang yang sudah banyak merasakan keampuhan beras merah untuk menurunkan badan. Selain karena rendahnya kandungan kalori pada beras merah akan sangat efektif membantu anda mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Bagaimana beras merah melakukannya?? Kandunga karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar. Jika mengkonsumsinya ditambahkan juga dengan manfaat buah apel pada menu makanannya, program diet pun akan menghasilkan bentuk tubuh yang indah dan sangat efektif.

  1. Sehat Untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul di kemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.

  1. Mengontrol gula darah/baik untuk penderita diabetes

Diabetes Melitus (DM) adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin atau karena penggunaan yang tidak efektif dari produksi insulin. Hal ini ditandai dengan tingginya kadar glukosa dalam darah. Diabetes Melitus terdiri dari dua tipe yaitu tipe pertama yang disebabkan keturunan dan tipe kedua disebabkan gaya hidup. Secara umum, hampir 80 % prevalensi DM adalah diabetes melitus tipe 2 (DM2). Hal ini kemungkinan disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Diabetes melitus telah menjadi masalah kesehatan dunia. Jumlah penderita penyakit ini terus meningkat drastis termasuk di Indonesia. Diperkirakan bahwa pada tahun 2030 prevalensi DM di Indonesia mencapai 21,3 juta orang.

Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2007 diperoleh bahwa proporsi penyebab kematian akibat DM pada kelompok usia 45-54 tahun di daerah perkotaan menduduki peringkat ke-2 yaitu 14,7%, dan di daerah pedesaan menduduki peringkat ke-6 yaitu 5,8% (Depkes, 2012). Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah pengaturan pola makan yang baik. Berbagai penelitian telah menunjukkan, mengganti jenis makanan yang dikonsumsi efektif untuk mengontrol kadar glukosa darah, salah satunya adalah dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Beras merah adalah salah satu jenis beras yang tidak digiling dan termasuk padi-padian alamiah yang mengandung antosianin yang merupakan sumber warna merah. Kadar Indeks Glikemiks ( IG ) yang rendah dan kandungan nutrisi, serat, Vitamin dan Mineral yang tinggi pada beras merah dapat mencegah peningkatan glukosa darah secara berlebihan. Pada tahap pemrosesan beras merah, hanya bagian terluar yaitu sekam yang dibuang sehingga beras merah masih mengandung kulit ari yaitu aleuron. Beras merah mampu menurunkan risiko untuk terkena DM2.

Hal ini disebabkan karena kandungan magnesium dalam aleuron beras merah mampu meningkatkan metabolisme glukosa dalam darah dengan meningkatkan sekresi dari hormon insulin. Magnesium mampu bertindak sebagai kofaktor untuk meningkatkan enzim yang membantu proses sekresi insulin . Selain itu kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga mampu memperlambat absorbsi gula ke dalam darah dan meningkatkan sensitivitas dari hormon insulin. Serat juga di dalam usus akan menghambat aktivitas dari enzim alfa amilase yang berfungsi untuk mencerna pati sehingga kadar gula yang diabsorbsi jumlahnya lebih sedikit. Kandungan Gamma Amino Butiric Acid (GABA) yang lebih tinggi di dalam beras merah dibandingkan dengan beras putih mampu menstimulasi sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin berlebih.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kadar indeks glikemik dari beras merah lebih rendah dari beras putih. Hal inilah yang menyebabkan beras merah tidak meningkatkan kadar glukosa darah setinggi beras putih.   Bagi anda yang menderita diabetes, ada baiknya beralih ke beras merah karena kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Sponsors Link  

  1. Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik)

Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda wajib mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.

  1. Mencegah terjadinya batu empedu

Dalam berbagai penelitian, makanan tinggi serat sangat dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Serat sangat mudah dicerna sehingga membantu dalam menlarutkan sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.

  1. Sumber antioksidan

Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi.

  1. Kemungkinan dapat mencegah kanker

Zat apa yang dapat mencegah kanker dan terdapat pada beras merah ? Selenium serta polifenol yang terkandung dalam beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Manfaat beras merah cukup baik untuk kesehatan, terutama bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, diabetes, dan menjaga kesehatan jantung. Manfaat Beras Merah Untuk Program Diet ads Manfaat beras merah untuk diet yang ditempatkan sebagai pengganti manfaat nasi putih, dapat membantu menurunkan berat badan.

Biji-bijan bergizi ini mengandung 110 kalori per porsi dan masing-masing 2 gram untuk protein dan serat. Beras merah merupakan sumber yang baik dari magnesium, fosfor, tiamin, vitamin B-6 dan niacin dan juga menyediakan zat besi dan seng. Mengapa Beras Sangat Bagi Untuk Diet?? Beras merah memiliki karakteristik yang membuatnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan ((healthyeating.sfgate.comIs Brown Rice Good for You to Lose Weight?, diakses 04 Februari 2015)), seperti berikut :

  1. Bukti Penelitian

Sebuah studi yang dilakukan selama enam minggu dan diterbitkan dalam “Nutrition Research” pada bulan Februari 2008 ini, membandingkan manfaat penurunan berat badan dari makanan pengganti nasi putih dengan makanan campuran beras merah dan hitam. Peserta penelitian yang mengkonsumsi makanan campuran beras merah, kehilangan berat badan dan lemak tubuh lebih banyak, jika dibandingkan dengan partisipan yang mengkonsumsi hanya makanan pengganti nasi putih saja.

  1. Kepadatan Energi

Beras merah memiliki kepadatan energi rendah, karena serat dan air yang dikandungnya. Makanan dengan kepadatan energi rendah, akan mengisi kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan makanan yang memiliki kepadatan energi yang tinggi, sehingga akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Makan makanan seperti ini di awal waktu makan, sehingga asupan makanan yang tinggi lemak, gula dan kalori menjadi lebih sedikit.

  1. Berasal dari Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras merah dapat membantu menurunkan lemak tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” pada tahun 2008 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi diet rendah kalori termasuk biji-bijian, kehilangan lebih banyak daripada orang yang mengkonsumsi diet rendah kalori yang hanya termasuk biji-bijian olahan. Biji-bijian mengandung lebih banyak serat yang mengenyangkan, sehingga dikemudian hari anda akan makan lebih sedikit kalori. Sebagian besar pilihan jatuh pada beras merah ini dan juga pada manfaat gandum.

  1. Memudahkan Program Diet, salah satu manfaat beras merah adalah untuk diet

Hanya menambahkan satu porsi beras merah untuk diet setiap hari, tidak akan membantu menurunkan berat badan. Untuk mengurangi ke berat badan, hal yang paling penting adalah mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang digunakan. Makanan seperti beras merah adalah biji-bijian dan rendah kepadatan energi, sehingga akan membantu membuat hal ini lebih mudah dilakukan.

Kandungan glikemiks rendah pada nasi merah sangat baik bagi orang yang menjalankan program diet karena mengendalikan penyerapan kalori terlebih pada tubuh. Bagi orang yang menjalankan program diet mengkonsumsi makanan jenis karbohidrat tetaplah penting namun pilih yang memiliki kandungan serat seperti pada manfaat beras merah. Serat yang terdapat pada beras merah berasal dari kulitnya karena beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan sehingga berbeda dengan beras putih biasa yang nutrisi lainnya ikut hilang karena penggilingan.  

itulah tadi 8 Manfaat Beras merah yang sebaiknya anda ketahui

Bagikan informasi tentang 8 Manfaat Beras Merah, yang Perlu di Ketahui kepada teman atau kerabat Anda.

8 Manfaat Beras Merah, yang Perlu di Ketahui | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk 8 Manfaat Beras Merah, yang Perlu di Ketahui

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi Cilosari

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Sunggal Mumbai

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Ciliwung

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225