Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Varietas Padi Tahan Rebah

7 Varietas Padi Tahan Rebah

Diposting pada 11 Mei 2020 oleh backrojez | Dilihat: 20 kali

sahabat sekalian sayang sekali apabila kita sudah mengeluarkan biaya namun menjelang panen padi yang kita tanam. untuk itu kita harus paham varietas padi tahan rebah.

sebelum kita lebih jauh membahas tentang varietas padi tahan rebah alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu penyebabnya

dan cara mencegahnya

 

tanaman padi rebah sebelum panen merupakan salah satu penyebab hilangnya hasil serta mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.

Tanaman padi yang roboh akan mengalami kerusakan pada batang dan kerontokan bulir gabah. Apabila terjadi pada tanaman padi yang baru saja berbulir dapat mengakibatkan perkembangan bulir yang tidak maksimal karena transfer unsur hara tidak sempurna.

Kasus tanaman padi roboh seringkali terjadi menjelang panen terlebih pada musim penghujan. Ya, padi roboh disebabkan oleh terpaan angin dan hujan.

Lalu, bagaimana supaya tanaman padi kokoh dan tidak roboh? Salah satunya adalah dengan menanam benih padi unggul yang tahan rebah. Jika padi tetap saja rebah berarti ada faktor lain yang luput diperhatikan, misalnya pemupukan yang tidak berimbang.

5 Penyebab Tanaman Padi Rebah

Rebah pada tanaman padi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor alam seperti angin kencang dan hujan lebat, benih yang digunakan, serangan hama penyakit dan faktor pemupukan. Berikut ini beberapa faktor penyebab tanaman padi roboh atau ayeuh (bahasa Sunda) ;

1). Angin Kencang

Angin kencang yang menerpa tanaman padi menyebabkan tanaman padi roboh terutama pada tanaman padi dari varietas dengan batang yang tinggi.

2). Hujan Lebat

Seperti halnya angin kencang, hujan deras juga menyebabkab tanaman padi rebah. Air hujan menyebabkan beban batang tanaman padi lebih berat sehingga roboh karena tidak kuat menopang daun dan bulir yang basah.

3). Varietas Benih

Varietas padi dengan batang yang tinggi lebih rawan rebah terutama pada musim hujan. Oleh karena itu, pada saat musim hujan disarankan menggunakan varietas yang memiliki batang tidak terlalu tinggi.

4). Terlalu Banyak Pemberian Pupuk Nitrogen

Pupuk nitrogen yang berlebih menyebabkan tanaman padi tumbuh terlalu subur sehingga beban tanaman menjadi lebih berat. Terlalu banyak unsur N menyebabkan batang tanaman padi tidak kokoh dan rawan rebah.

5). Serangan Hama Penyakit

Serangan hama atau penyakit yang terjadi pada pangkal batang tanaman padi menyebabkan batang padi rusak atau membusuk sehingga mudah roboh.

4 Cara Mencegah Tanaman Padi agar Tidak Rebah (Ayeuh)

Cara yang paling sering dilakukan untuk menangani tanaman padi yang sudah terlanjur rebah yaitu dengan mengikat dan menyatukan beberapa rumpun tanaman padi sehingga bisa tegag berdiri.

Namun cara ini kurang efektif karena membutuhkan banyak waktu dan tenaga serta perkembangan bulir tidak maksimal apabila rebah terjadi pada saat proses pengisian bulir.

Berikut ini cara agar batang tanaman padi kokoh serta beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah tanaman padi rebah atau roboh ;

1). Menggunakan varietas padi unggul yang memiliki batang tidak terlalu tinggi supaya tidak mudah rebah ketika diterpa angin kencang dan hujan lebat. Varietas padi tahan rebah misalnya Pamera, Ciherang, Inpari 33, Inpari 42 Agritan GSR, Ketan Grendel, Inpari 43 Agritan GSR.

2). Pemupukan yang berimbang, pemberian pupuk nitrogen memang membuat tanaman padi menjadi lebih hijau dan subur. Namun apabila berlebihan, unsur nitrogen menyebabkan tanaman padi terlalu subur dan rentan roboh. Oleh karena itu lakukan pemupukan secara berimbang.

3). Memperkuat batang tanaman padi dengan pupuk phosphat dan kalium. Pupuk dengan kandungan unsur P (phosphat) dan K (kalium) berfungsi untuk memperkuat batang tanaman padi sehingga menjadi kokoh dan tidak mudah roboh.

4). Pengendalian hama dan penyakit, serangan hama dan penyakit dapat menyebabkan tanaman padi lemah dan mudah roboh. Pengendalian hama dan penyakit terutama yang menyerang pangkal batang sebaiknya dilakukan sedini mungkin.

 

adapun menurut data dilapangan beberapa varietas padi tahan rebah adalah

1. inpari 42 Agritan GSR

2. Ketan Grendel

3. inpari 43 Agritan GSR

4. inpari 33

5. Ciherang

6. pamera

7. if16

 

Bagikan informasi tentang 7 Varietas Padi Tahan Rebah kepada teman atau kerabat Anda.

7 Varietas Padi Tahan Rebah | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk 7 Varietas Padi Tahan Rebah

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Jual Beras Merah Lamongan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual beras Merah lamongan *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Distributor Beras Murah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Distributor beras murah *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Ciliwung

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225