Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » 5 tips cara menyembuhkan diabetes secara alami

5 tips cara menyembuhkan diabetes secara alami

Diposting pada 20 Desember 2018 oleh backrojez | Dilihat: 1.647 kali

J-rice.id – berjumpa lagi berasama situs resmi distributor beras dan toko pertanian, kali ini kita akan bahas 5 tips cara menyembuhkan diabetes secara alami

 

Diabetes agak susah untuk disembuhkan. Namun bukan berarti Anda jadi merasa putus asa. Jika Anda memiliki diabetes, bukan berarti Anda tidak bisa lagi tertawa bersama teman-teman atau keluarga. Anda masih bisa menonton film di setiap hari minggu atau pergi ke suatu tempat yang menyenangkan tanpa rasa khawatir. Kuncinya hanya satu, Anda hanya perlu menjaga tingkat gula darah Anda. Apa yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk mengatasi diabetes? Anda akan tahu di artikel ini.

Bagaimana cara mengatasi diabetes Anda sehari-hari?

Awalnya mungkin akan terasa sulit ketika dokter mengatakan bahwa Anda memiliki diabetes. Anda akan merasa dipusingkan oleh pengobatan dan perawatan yang harus Anda lakukan agar gula darah Anda tetap normal.

Tenang saja, Anda tidak sendirian, ada keluarga, teman, tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan ahli gizi yang akan membantu Anda. Bawa satu atau dua anggota keluarga Anda ketika melakukan pemeriksaan secara berkala. Pastikan Anda memahami segala hal yang perlu Anda ketahui tentang perawatan yang bisa mengatasi diabetes Anda.

1. Makan makanan sehat

Sebenarnya, makanan Anda hampir sama dengan semua orang yang tidak memiliki diabetes. Bedanya, makanan Anda lebih diatur dari mereka. Pola makan teratur yang sehat setiap harinya hampir sama dengan terapi nutrisi medis.

Makan makanan sehat ini dimaksudkan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula darah Anda. Seperti apa makanan yang harus Anda makan sehari-hari untuk mengatasi diabetes?

Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang panggang, oatmeal, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.

Ganti gula Anda dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah.

Daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.

Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya brokoli dan bayam.

Buah-buahan segar. Jika Anda ingin menjadikannya jus, sebaiknya jangan ditambah gula.

Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup dan ditumis.

Popcorn tawar.

Produk olahan susu rendah lemak dan telur.

Ikan seperti tuna, salmon, sarden dan makarel.

Lalu apa keuntungan untuk diabetesi mengikuti pola makan makanan sehat yang teratur?

Anda bisa menjaga berat badan, menjaga kadar gula darah tetap normal, dan mencegah penyakit jantung yang rentan pada pasien diabetes, terlebih lagi cara ini bisa mengatasi diabetes Anda.

Tips jika Anda menggunakan insulin

Suntikan insulin Anda.

Makanlah jumlah makanan yang sama setiap hari pada waktu yang hampir bersamaan.

Jangan melewatkan waktu makan, terutama jika Anda sudah menerima suntikan insulin. Jika Anda melewatkannya, kadar gula darah Anda akan turun.

Tips jika Anda tidak menggunakan insulin

Patuhi pola makan yang diberikan.

Jangan melewatkan waktu makan, terutama jika Anda mengonsumsi obat hipoglikemik oral (OHO) diabetes. Jika Anda melewatkannya, kadar gula darah Anda akan turun.

Melewatkan waktu makanan bisa membuat Anda makan terlalu banyak pada jam berikutnya dan bisa menyebabkan kadar gula darah Anda turun.

2. Ganti Beras Biasa Dengan Beras Organik

Beras organik adalah beras yang didapat melalui proses penanaman pada lahan yang ramah lingkungan. Beras ini tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya untuk tumbuh dan berkembang. Beras organik menggunakan pupuk hijau dan kompos serta pemberantas hama yang alami agar dapat tumbuh dengan subur. Berbeda dengan jenis beras biasa yang banyak dikonsumsi sehari-hari, beras organik tentu lebih mahal harganya. Hal ini dikarenakan proses penanaman beras secara alami dan sehat dari awal hingga akhir pada masa panen.

Jenis Beras Organik

Ada beberapa jenis beras organik yang beredar secara meluas yaitu beras organik merah, putih juga beras organik hitam. Beras organik memiliki rasa dan aroma yang cukup berbeda dari beras biasa. Beras ini memiliki rasa yang pulen serta tidak mudah basi bahkan dapat bertahan cukup lama yaitu 2 hari sejak waktu pemasakan. Beras organik yang berasal dari Indonesia memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan beras organik dari India ataupun Thailand karena aromanya yang lebih harum sera rasanya yang lebih enak dan tahan lama.

Beras organik memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis beras lain karena memiliki kandungan yang lebih sehat. Beras organik memiliki banyak kandungan nutrisi mulai dari mineral, manfaat karbohidrat, glukosa serta manfaat protein. Tidak heran jika beras organik cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Selain itu, beras organik juga baik digunakan dalam mencegah datangnya asam urat, jantung, kanker, vertigo serta darah tinggi.

Berikut ini jenis beras organik dan manfaatnya :

Organik Hitam

Beras organik hitam memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis beras yang lain. Beras yang satu ini memiliki rasa yang dapat menggugah selera bahkan ketika hanya menghirup aromanya. Beras organik hitam memiliki warna hitam pekat ketika ditanak. Adapun keunggulan beras organik hitam adalah :

Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit

Memperlambat terjadinya penuaan atau anti anging

Mencegah gangguan pada ginjal

Kaya akan vitamin juga asam amino

Menghasilkan zat antikarsinogenik

Menurunkan tekanan gula darah pada tubuh

Mencegah datangnya kanker

Kaya akan flavonoid bahkan 5 kali lipat dibandingkan beras biasa

Memperbaiki kerusakan hati

Bagus untuk diet

Menurunkan tekanan darah

Beras organik hitam memiliki beragam kandungan baik seperti kalori (352,46), protein (10,74%), fat (2,62%), karbohidrat (71,47%), dietary fiber (0,75%). Bagi penderita diabetes penanakan beras organik hitam dapat dilakukan dengan cara mencampurnya menggunakan beras merah dengan perbandingan 1:1.

Diabetes ini juga bisa mengkonsumsi herbal berikut ini :

Manfaat kacang panjang

Manfaat kentang

Manfaat beras merah

Manfaat buah mengkudu

Manfaat Pare

Manfaat pete

Manfaat daun afrika

Manfaat daun mangga

Manfaat semut jepang

Manfaat nasi Jagung

Manfaat ubi jalar

Manfaat daun alpukat

Manfaat quaker oat

Manfaat susu kedelai

Manfaat tahu

Beras Organik Merah

Beras organik warna merah memiliki rasa yang enak bahkan ketika dimakan tanpa sayur ataupun lauk. Beras organik merah telah dikenal sejak lama yaitu 2800 SM dan banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit oleh para tabib. Hal ini dikarenakan beras organik merah memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Beras organik merah memiliki banyak manfaat antara lain :

Bagus untuk menurunkan berat badan

Mencegah datangnya beragam penyakit pada pencernaan

Meningkatkan perkembangan otak

Menurunkan kolesterol pada darah

Mencegah datangnya gangguan sembelit

Pembentukan energi karena mengandung banyak vitamin B1, B6, B12.

Kandungan manfaat serat yang lebih tinggi

Memiliki kandungan fosfor yang tinggi

Mencegah datangnya penyakit degeneratif

Membantu menyehatkan organ jantung

Memiliki banyak kandungan asam amino

Kaya akan fiber asam lemak

Menyehatkan pembuluh darah

Kaya akan vitamin B1 juga mineral

Memiliki banyak kandungan magnesium yang membantu dalam menyeimbangkan aksi manfaat kalsium serta membantu menyehatkan kesehatan tulang.

Mengkonsumsi secangkir beras organik merah dapat membantu mencukupi kebutuhan 21% akan magnesium pada tubuh. Cara memasak beras organik merah yaitu dengan Germinated Brown Rice atau Gamma Aminobtyric Acid. Proses pemasakan beras dengan menggunakan cara tersebut adalah untuk meningkatkan hormon pertumbuhan pada tubuh. Beras organik merah juga memiliki banyak kandungan selenium yang berperan sebagai katalisator untuk memecah peroksida yang menjadi ikatan tidak berisifat toksik.

Beras Organik Warna Putih

Beras organik yang satu ini merupakan jenis beras yang paling banyak dikonsumsi karena lebih wangi dan pulen. Beras ini memiliki banyak kandungan mineral juga nutrisi yang cukup tinggi. Beras organik warna putih bebas dari pestisida serta bahan kimia yang lain karena diproses secara alami dari awal penanaman, hingga pada masa panen. Tidak heran jika beras organik berwarna putih memiliki kandungan mineral dan nutrisi cukup tinggi.

Beras organik warna putih serta cokelat hampir sama bedanya adalah pemrosesan serta nutrisi yang dikandungnya.

Beras Organik Warna Coklat

Beras organik dengan warna coklat memiliki aroma serta rasa yang begitu khas. Beras coklat merupakan jenis beras organik yang mirip dengan ketan. Berbeda dengan jenis beras organik yang lain beras organik coklat dirasa lebih cepat basi. Namun, beras organik satu ini memiliki nutrisi yang lebih tinggi.

Beras merupakan makanan pokok bangsa Indonesia serta bagi beberapa negara lain. Mengingat beras menjadi jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari, ada baiknya jika memilih beras yang sehat seperti beras organik. Beras organik dengan kandungan nutrisi dan mineral yang melimpah mampu membuat tubuh anda semakin sehat.

Keunggulan Beras Organik

Beras organik memiliki rasa dan aroma yang cukup menggugah selera sehingga tidak heran jika harganya cukup mahal jika, dibandingkan dengan beras biasa. Pada beras biasa yang banyak beredar, beras-beras tersebut mengandung banyak sekali zat berbahaya akibat penggunaan pestisida serta zat kimia lainnya. Penggunaan zat kimia juga pestisida tersebut juga buruk bagi kesuburan tanah hingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Adapun keunggulan beras organik dibandingkan dengan jenis beras biasa adalah :

Bebas dari pengawet juga pemutih

Bebas dari pupuk kimia juga penggunaan pestisida

Diuji oleh badan sertifikat uji mutu

Dapat memperpanjang tubuh

Terhindar dari banyak ragam penyakit

Kaya akan serat

Nasi lebih pulen dengan aroma yang wangi dibandingkan dengan jenis beras yang biasa

Mencegah kolesterol

Terbebas dari produk rekayasa genetika

Membuat tubuh lebih sehat

Beras organik serta beragam jenis pangan organik sekarang tengah banyak digalakkan pada masyarakat. Hal ini merupakan salah satu solusi sehat yang dapat menyehatkan manusia. Dengan cara menghindarkan kita dari ragam bahaya penyakit akibat penggunaan bahan kimia serta pestisida yang terkandung pada banyak jenis makanan termasuk di dalamnya beras.

3. Olahraga teratur

Mungkin Anda sudah terlalu sering mendengar dan bahkan merasa bosan jika olahraga baik untuk kesehatan Anda.  Namun, Anda memang tidak boleh meremehkannya, manfaat olahraga teratur untuk diabetesi adalah membantu menjaga berat badan turun, insulin bisa lebih mudah menurunkan gula darah, membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik dan memberi Anda lebih banyak energi. Cara sederhana ini bisa mengatasi diabetes Anda.

Tidak usah yang terlalu berat Anda bisa mulai berjalan, berenang, bersepeda didekat rumah Anda, mengikuti kelas tari, rajin membersihkan rumah, atau mulai hobi berkebun adalah ide bagus supaya Anda tetap aktif bergerak.

Cobalah berolahraga minimal tiga kali seminggu selama sekitar 30 sampai 45 menit. Jika Anda adalah tipe orang yang jarang olahraga, cobalah 5 sampai 10 menit pada awal olahraga, dari sini nanti Anda bisa meningkatkan waktunya.

Jika kadar gula darah Anda kurang dari 100-120, makanlah apel atau segelas susu sebelum Anda berolahraga. Saat Anda sedang berolahraga, bawalah makanan ringan agar gula darah Anda tidak turun.

Tips jika Anda menggunakan insulin

Berolahraga setelah makan, bukan sebelum makan.

Tes gula darah Anda sebelum, selama, dan sesudah olahraga. Jangan berolahraga bila kadar gula darah Anda rendah, kurang dari 70.

Hindari berolahraga sebelum tidur karena bisa menyebabkan gula darah Anda turun di malam hari.

Tips jika Anda tidak menggunakan insulin

Temui dokter Anda, jika Anda berniat untuk ikut kelas fitness atau program latihan olahraga.

Tes gula darah Anda sebelum dan sesudah berolahraga jika Anda mengonsumsi obat diabetes. Pastikan Anda gula darah tidak lebih rendah dari 70.

4. Tes gula darah Anda setiap hari

Pemantauan kadar gula darah secara rutin adalah cara utama untuk mengatasi diabetes dan menjaga kadar gula darah Anda tetap normal. Pemeriksaan ini akan memberitahu Anda kadar glukosa darah Anda secara real time atau saat itu juga. Sebaiknya Anda memang memiliki alat untuk memeriksa kadar gula darah di rumah.

Anda bisa menggunakan alat tes gula darah yang disebut glukometer. Berikut petunjuk cara pemakaiannya:

Setelah mencuci tangan, masukkan test strip ke alat ukur gula darah.

Tusuk ujung jari dengan jarum yang disediakan agar mengeluarkan darah.

Remas atau pijat jari sampai keluar darah (ukuran sampel darah yang diperlukan berbeda-beda tergantung alat ukurnya).

Pegang dan tahan ujung test strip sampai darah menetes pada test strip, dan tunggu hasilnya.

Kadar glukosa darah akan muncul di layar alat ukur.

Tingkat gula darah pada tubuh mengalami perubahan, terutama sebelum dan setelah makan. Tingkat gula darah normal sebelum makan 70-130 mg/dL, sedangkan setelah delapan jam puasa seharusnya kurang dari 100 mg/dL. Kemudian, tingkat gula darah dua jam setelah makan seharusnya kurang dari 180 mg/dL dan menjelang tidur berkisar 100-140 mg/dL.

Jumlah kadar gula darah dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Kadar gula darah tinggi dianggap sebagai pertanda bahwa kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat. Catat kadar gula darah setiap kali Anda memeriksa kadar gula darah.

5. Pastikan Anda selalu minum obat atau suntik insulin

Meski diabetes tidak bisa disembuhkan, pendeteksian sejak dini memungkinkan kadar gula darah penderita diabetes bisa dikendalikan. Tujuan pengobatan diabetes adalah untuk mengatasi diabetes, memertahankan keseimbangan kadar gula darah dan meminimalisasi risiko komplikasi.

Obat-obatan yang tepat untuk mengatasi Diabetes Tipe 2

Keseimbangan kadar gula darah pada diabetes terkadang tidak bisa terjaga dengan baik hanya melalui penerapan pola makan sehat dan olahraga teratur. Anda juga mungkin membutuhkan obat-obatan untuk menanganinya.

Ada beberapa jenis obat (biasanya dalam bentuk tablet) yang dapat digunakan untuk diabetes tipe 2 (obat hipoglikemik oral). Anda juga mungkin diberikan kombinasi dari dua jenis obat atau lebih untuk mengendalikan kadar gula darah Anda. Obat yang biasa diberikan adalahmetformin, sulfonilurea, pioglitazone, gliptin, agonis, acarbose, nateglinide dan repaglinide

Terapi insulin sebagai pendamping obat-obatan lain

Obat-obatan dalam bentuk tablet mungkin akan kurang efektif untuk mengobati diabetes, sehingga Anda membutuhkan terapi insulin. Berdasarkan dosis dan cara pemakaiannya, terapi ini dapat diberikan untuk menggantikan atau diberikan bersamaan dengan obat-obatan

Bagikan informasi tentang 5 tips cara menyembuhkan diabetes secara alami kepada teman atau kerabat Anda.

5 tips cara menyembuhkan diabetes secara alami | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk 5 tips cara menyembuhkan diabetes secara alami

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Limited Edition
OFF 17%
QUICK ORDER
Bibit Padi IPB 3S

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

distributor beras Beras, jual beras, jual beras murah, jual beras merah murah, jual beras hitam, jual beras merah, jual beras hitam murah, jual beras lamongan, jual beras surabaya, jual beras gresik, jual beras sidoarjo, agen beras lamongan, agen beras surabaya, agen beras gresik, agen beras murah, agen beras sidoarjo, distributor beras, distributor beras murah, distributor beras lamongan, distributor beras surabaya, distributor beras gresik, distributor beras sidoarjo, jual beras merah, jual beras merah murah, jual beras hitam, jual beras hitam murah, jual bibit padi, jual beras cabe, jual beras apolo, jual beras raja lele, jual beras cabe Rp 25.000 Rp 30.000
Ready Stock
Rp 25.000 Rp 30.000
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Sertani 13a

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
Best Seller
QUICK ORDER
Kubota B2420 Tractor

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225