Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » 4 Ciri-ciri Beras Organik

4 Ciri-ciri Beras Organik

Diposting pada 12 Februari 2018 oleh backrojez | Dilihat: 2.700 kali

J-rice.id. sahabat mungkin anda bertanya tanya apa bedanya beras organik dan beras biasa. Dan apa yang menjadi pembedanya.

Ciri-ciri beras organik lebih sehat dibandingkan beras non organik. Seperti diketahui, bahwa permintaan akan beras organik kini semakin meningkat. Hal ini tentunya tak pernah terlepas dari pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi bahan-bahan organik yang alami dan sehat. Semakin tingginya permintaan, kini di pasaran pun telah tersedia berbagai macam beras organik dari beragam merek atau brand. Akan tetapi, tak sedikit pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab turut memanfaatkan kesempatan ini dengan cara memalsukan produk beras organik. Jadi, meskipun labelnya organik padahal beras tersebut adalah produk beras biasa.

Cara Mengetahui Beras Organik Atau Beras Non Organik

Agar kita bisa mengetahui apakah beras tersebut merupakan produk beras organik atau non organik sebenarnya cukup sulit, di mana Anda hanya harus menanam sendiri maupun dengan uji laboratorium. Melalui pengujian laboratorium sendiri dapat diketahui berbagai kandungan beras sesungguhnya. Biasanya beras organik yang sudah lulus uji adalah yang sudah diberikan sertifikasi. Pastinya badan atau lembaga yang turut menguji beras tersebut adalah yang benar-benar berkredibilitas tinggi.

Ciri-Ciri Beras Organik

Adapun ciri-ciri beras organik secara umum, yaitu sebagai berikut :
1.     Beras organik sendiri ditanam atau diproduksi tanpa memakai pupuk berbahan kimia buatan dan pestisida.

2.     Agar bisa mengendalikan hama beserta penyakit tanaman umumnya dapat memakai predator untuk dijadikan musuh alami penyakit maupun hama tanaman. Contohnya saja untuk bisa mengendalikan tikus sendiri, dapat memakai burung hantu, sementara untuk mengendalikan hama seperti belalang dapat memakai ikan tertentu. Sementara untuk bisa mengendalikan gulma dapat menggunakan jerami dari sisa panen yang sebelumnya.

3.     Tanaman umumnya dirotasikan langsung di sawah agar menghindari terjadinya tanaman sama tiap tahun demi tahunnya pada sawah yang serupa. Contohnya saja, periode tanam yang pertama dan juga kedua yang menanam padi, lalu periode ketiga areal lahan ditanami oleh jagung atau kedelai.
Akan tetapi, secara spesifiknya ciri-ciri dari beras organik itu sendiri adalah licin, memiliki warna yang mengkilap, memiliki rasa yang agak manis, aromanya lebih terasa, memiliki daya serap air lebih sedikit, teksturnya lebih pulen, waktu memasak lebih cepat dan kualitas nasi pun lebih tahan lama sampai 3 hari bila di masak. Ciri-ciri beras organik berikutnya memiliki nutrisi yang lebih tinggi serta lebih berasa kenyang meskipun mengonsumsinya sedikit

3.Beras organik asli mempunyai tekstur beras yang licin dan warnanya mengkilap. Berdasarkan segi rasa, aroma beras organik lebih enak. Rasa beras organik juga agak manis, bukan hambar seperti beras biasa. Ketika dimasak, beras organik memiliki tekstur yang pulen. Kelebihan beras organik asli ialah waktu memasak beras yang relatif lebih cepat. Kemampuan daya serap air beras organik asli lebih sedikit. Jika Anda membeli beras organik asli, maka Anda merasa lebih kenyang sekalipun Anda hanya mengonsumsi beras sedikit. Nutrisi beras organik asli tentu saja lebih banyak daripada beras biasa dan beras organik palsu. Secara kualitas, beras organik asli mempunyai kualitas yang lebih baik. Beras organik asli ketika dimasak tidak akan cepat basi atau bau.

4. Kualitas tanah dijaga dan dipertahankan dengan pemberian nutrisi alami seperti dengan menggunakan pupuk kandang, kompos, dan limbah pertanian lainnya. Namun tetap juga diperhatikan bahwa pupuk kandang misalnya, juga harus “organik”, artinya dalam peternakan juga tidak menggunakan unsur kimia buatan dalam ransum ternaknya.

Bagikan informasi tentang 4 Ciri-ciri Beras Organik kepada teman atau kerabat Anda.

4 Ciri-ciri Beras Organik | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk 4 Ciri-ciri Beras Organik

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Jual Beras Organik di Surabaya

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual beras Merah lamongan *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Cimelati

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
BENIH PADI ALKAM

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

benih padi alkam *Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225