Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » 10 Makanan Sehat Untuk Diet

10 Makanan Sehat Untuk Diet

Diposting pada 20 Juni 2019 oleh backrojez | Dilihat: 917 kali

Di era industri 4.0 terjadi banyak perubahan salah satunya di gaya hidup modern, banyak orang kecanduan internet, ada sisi negatif dan positif. Positifnya jika bisa memanfaat internet dengan baik bisa menghasilkan pendapatan yang banyak. Namun dampak buruk salah satunya adalah membuat seseorang malas, dan menghabiskan waktu di depan laptop maupun smart phone, hal ini mengganggu kesehatan untuk itu kami akan mengulas tentang 10 makanan sehat untuk diet

 

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang makanan sehat untuk diet kita harus tahu dulu apa sih makanan sehat itu

 

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk merawat kesehatan dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Syarat makanan sehat antara lain bersih, bergizi dan berkecukupan. Makanan yang sehat pun biasanya memiliki kandungan gizi yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Konsumsi makanan sehat, tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja.  Mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru dapat memberikan nutrisi berbeda-beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh.

Jenis Pilihan Makanan Sehat

Makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.

Buah-Buahan

Selain sayur, buah juga sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin. Dari sekian banyak buah, beberapa buah yang populer dan kaya akan nutrisi, di antaranya adalah:

  • Apel, karena banyak mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan lain.
  • Jeruk, yang tinggi kandungan vitamin C.
  • Alpukat, yang kaya lemak sehat, kalium dan vitamin C.
  • Pisang, sebagai salah satu sumber kalium.
  • Buah-buahan berry, seperti blueberry dan strawberry. Selain rendah kalori, juga kaya akan antioksidan dan serat.

Mengonsumsi makanan sehat juga sebaiknya tetap seimbang dan beragam. Berikut adalah kelompok makanan sehat utama lain yang harus kamu konsumsi, selain sayuran dan buah-buahan:

    1. Daging dan telur
      Daging merupakan salah satu makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi.  Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging lainnya. Sedangkan telur tergolong sebagai salah satu bahan makanan paling bergizi karena selain tinggi protein, telur juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga zat antioksidan.
    2. Kacang-kacangan dan biji-bijian
      Kelompok makanan ini merupakan jenis makanan sehat yang renyah dan sarat akan nutrisi, termasuk magnesium dan vitamin E.
    3. Ikan dan makanan laut lainnya
      Ragam makanan laut terutama ikan, adalah jenis makanan sehat yang kaya asam lemak omega-3 dan yodium. Penelitian menunjukkan, orang yang sering makan ikan laut cenderung lebih panjang umur dan memiliki risiko lebih rendah terhadap banyak penyakit, termasuk penyakit jantung.
    4. Susu
      Susu sangat tinggi vitamin, mineral, protein hewani berkualitas dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. kamu juga bisa mengonsumsi susu dalam beragam bentuk produk olahan susu, seperti keju. Susu yang difermentasikan menjadi yoghurt, mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan.

Makanan yang Sehatkan Jantung

  • Ikan Salmon
    Ikan salmon dan jenis ikan lainnya yang mengandung akan asam lemak omega 3 merupakan makanan untuk kesehatan jantung yang layak untuk dikonsumsi. Kandungan omega ini dapat menurunkan risiko aritmia (gangguan jantung) dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu omega 3 juga dapat menurunkan trigliserida dan dapat mencegah peradangan.
  • Oatmeal
    Makanan untuk kesehatan jantung bisa juga dengan mengonsumsi oatmeal, yang tinggi akan serat yang dapat menurunkan kolesterol. Oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar gula darah, sehingga berguna bagi pengidap diabetes. Serat pada oatmeal dapat menyehatkan jantung, dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL).
  • Biji-bijan
    Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. hal ini dikarenakan biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral (zat besi, zinc, dan magnesium).
  • Sayuran HijauSayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dapat dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, sehingga menyehatkan jantung.
  • Jeruk
    Dalam sebuah jeruk mengandung vitamin c, karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin/vitamin B1, Niacin/Vitamin B3, Pyridoxine, dan berbagai vitamin lainnya yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan yang ada di buah jeruk juga dapat mengurangi kadar kolesterol darah, dan meningkatkan risiko kolesterol baik.

Itu tadi makanan sehat yang waib anda tahu. Selain mengetahui makanannya kita juga sebaiknya tahu manfaatnya dan apa kandungannya ya gaes.

 

Terus apa nih makanan sehat untuk diet. Sudah tau kah

Sebelum kita membahas jauh tentang makanan sehat untuk diet. Kita harus tahu terlebih dahulu tentang Index Masa Tubuh Kita. Pakah kita dalam keadaan obesitas, kurus apa normal nih. Ia kan. Sebelum menentukan progam diet dan berapa berat badan ideal buat kita

BACA JUGA : CARA DIET BERAS

“Indeks massa tubuh adalah cara yang baik untuk menilai apakah berat badan Anda sehat atau tidak,” kata Jessica Crandall, RD, pendidik diabetes bersertifikat dan juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, dikutip dari Daily Burn.

Indeks massa tubuh adalah metrik standar yang digunakan untuk menentukan siapa saja yang masuk dalam golongan berat badan sehat dan tidak sehat. Indeks massa tubuh alias BMI membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

Ilustrasi BMI (source: whathealth.com)

Misalnya, Anda ingin mencari tahu apakah Anda normal atau obesitas. Anda memiliki berat badan 80 kilogram dan tinggi 1,75 m (175 centimeter).

Pertama, kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,75 x 1,75 = 3,06. Selanjutnya, bagi angkat berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 80/3,06 = 26,1. Terakhir, bandingkan angka BMI Anda (26,1) dengan kategori berat badan yang tercantum di bawah ini:

  • Di bawah 18,5 = Berat badan kurang
  • 18,5 – 22,9 = Berat badan normal
  • 23 – 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
  • 30 ke atas = obesitas

Dengan begitu, angka BMI alias indeks massa tubuh Anda menyatakan bahwa Anda memiliki kelebihan berat badan.

Nah kalau anda memang obesitas maka saat yang tepat anda harus diet biar kembali ideal.

Mulailah merancang menu makanan diet sehat menurunkan berat badan

 

Biar tidak prustasi anda cari makanan sehat untuk diet yang mudah didapat minimal mudah anda tanam di pekarangan baru anda buatkan menu diet sehat 30 hari, biar mudah anda bisa membuat daftar menu diet sehat sehari-hari, atau daftar menu diet sehat seminggu

 

Inilah 10 makanan sehat untuk diet

1. Apel 

Apel kaya akan kandungan serat yang baik untuk tubuh, kandungan seratnya sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh dan mengurangi kolesterol berlebih. Makan buah apel bisa membuat Anda tetap kenyang tanpa takut gemuk, sebuah studi di jurnal Appetite mengemukakan bahwa wanita yang menambahkan tiga buah apel sebagai makanan diet pelengkapnya cenderung bisa menurunkan berat badannya daripada wanita yang menambahkan tiga kue berbahan oatmeal sebagai makanan pelengkap. Menurut Alan Aragon, seorang ahli nutrisi dan penulis Girth Control The Science of Fat Loss & Muscle Gain menyatakan bahwa tindakan mengunyah bisa mengirimkan sebuah sinyal ke tubuh kita dan membuat kita berpikir sudah makan lebih dari cukup dan mencegah lapar.

2. Kacang almon

Kacang almon atau kenari ini bisa jadi camilan sekaligus makanan diet sehat untuk Anda, sebuah temuan pada tahun 2009 di The American Journal of Clinical Nutritionmenyatakan bahwa wanita yang makan kacang ini dua kali seminggu memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi untuk menjaga berat badannya tetap stabil daripada wanita yang tidak makan kacang ini. Satu ons kacang almond mengandung 165 kalori, dan juga mengandung 6 gram protein serta 3 gram serat. Kandungan gizi tersebut bisa membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan nafsu makan Anda bisa lebih terkontrol.

3. Salmon

Makanan laut bisa dijadikan makanan diet yang sehat, lemak yang terkandung di dalam salmon bisa membuat Anda cepat kenyang. Sebuah temuan di International Journal of Obesity menyatakan bahwa orang yang makan salmon beberapa kali dalam seminggu bisa menurunkan berat badan hingga 3 pon atau 1,5 kilogram. Salmon selain sumber protein yang bagus juga memiliki kandungan kalori yang rendah.

4. Telur

Makanan yang mudah didapat dan mudah dibuat dalam berbagai macam kreasi ini sangat cocok menjadi makanan untuk diet Anda. Kandungan protein dalam telur bisa membuat Anda tidak cepat lapar. Selain itu, temuan tahun 2008 di International Journal of Obesity menyatakan bahwa orang yang makan dua telur saat sarapan pagi selama lima hari dalam seminggu memiliki peluang 65 persen besar untuk menurunkan berat badan daripada orang yang makan roti bagel saat sarapan.

5. Buah tomat

Kandungan serat buah tomat bisa membuat orang yang mengonsumsinya merasa lebih cepat kenyang, satu gelas tomat merah yang sudah dimasak hanya mengandung 43 kalori. Berbeda dengan sejumlah makanan berserat lainnya seperti wortel, seledri, dan bayam, tomat memiliki rasa yang lebih enak dan bisa membuat Anda merasa bertenaga sepanjang hari.

6. Sayuran hijau

Sayuran hijau termasuk kale, bayam, sawi, dan beberapa sayuran lainnya. Sayuran ini memiliki beberapa kandungan yang membuat mereka sempurna sabegai makanan diet untuk menurunkan berat badan, karena rendah kalori, karbohidrat dan sarat dengan serat.

Makan sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan Anda, tanpa meningkatkan kalori. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan kepadatan energi yang rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan sangat tinggi dalam banyak vitamin, antioksidan dan mineral, termasuk kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

7. Ikan tuna

Ikan tuna adalah makanan rendah kalori dan tinggi protein. Tuna adalah tkan tanpa lemak, artinya itu rendah lemak.

Tuna populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran yang sedang diet, karena itu cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga total kalori dan lemak rendah. Jika Anda mencoba untuk menekankan asupan protein, pastikan untuk memilih tuna segar, bukan minyak ikan.

8. Kacang

Beberapa kacang dan kacang polong lainnya bisa dijadikan makanan untuk diet dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Beberapa jenis kacang ini termasuk lentil, kacang hitam, kacang merah dan beberapa kacang lainnya.

Makanan diet ini cenderung tinggi protein dan serat, merupakan dua nutrisi yang telah terbukti menyebabkan kenyang. Kacang juga cenderung mengandung beberapa pati resisten.

9. Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Meskipun kebanyakan buah mengandung banyak karbohidrat, alpukat mengandung lemak yang sehat.

Alpukat sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun sebagian besar lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat, membuatnya kurang padat energi daripada yang Anda bayangkan.

Terlebih lagi, apukat adalah makanan diet yang sempurna bila ditambahkan pada salad sayuran, karena penelitian menunjukkan bahwa lemak pada alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2.6 hingga 15 kali lipat. Alpukat  juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan potassium.

10. Cabai

Cabai ternyata berguna sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan. Karena cabai mengandung capsaicin, suatu zat yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Zat tersebut bahkan dijual dalam bentuk suplemen dan bahan umum dalam banyak suplemen penurun berat badan.

Satu penelitian menunjukkan bahwa makan 1 gram cabai merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak makan paprika secara teratur. Namun, tidak ada efek pada orang yang terbiasa makan makanan pedas, menunjukkan bahwa tingkat toleransi tertentu dapat membangun.

11. Beras Organik

Beras Organik adalah cara yang paling sering digunakan orang kebanyakan dan merupakan paling efektif BERAS ORGANIK AKAN MEMBERIKAN EFEK DIET YANG LEBIH SEMPURNA, disebabkan beras organik adalah beras sehat yang bebas dari pestisida, bahan kimia,dan bahan-bahan berbahaya bagi tubuh lainnya maka akan sangat membantu program diet anda. Banyak keunggulan dari manfaat beras organik dibandingkan dengan beras non organik.

Kami jual beras organik murah Hub WA 08124947225 atau

www.j-rice.id/katalog

Itulah tadi 11 Makanan Sehat Untuk Diet yang wajib anda ketahui. Saatnya praktek agar anda kembali ke berat badan ideal

Bagikan informasi tentang 10 Makanan Sehat Untuk Diet kepada teman atau kerabat Anda.

10 Makanan Sehat Untuk Diet | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk 10 Makanan Sehat Untuk Diet

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi IF8

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
OFF 50%
QUICK ORDER
Jasa Alat Pemanen Padi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 250.000 Rp 500.000
Ready Stock
Rp 250.000 Rp 500.000
Ready Stock
QUICK ORDER
Benih Padi Ketan Lusi

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225