Kunjungi terus web kami dan dapatkan info discound menarik Fast respon Call CS 085645171548 Kami siap antar sampai depan rumah Tersedia Berbagai jenis beras Putih, Merah, hitam, beras organik
Beranda » Artikel Terbaru » Lebaran dan Ucapan Idul Fitri 1440 H

Lebaran dan Ucapan Idul Fitri 1440 H

Diposting pada 10 Juni 2019 oleh backrojez | Dilihat: 1.666 kali

Lebaran dan Ucapan Idul Fitri 1440 H

bismillah, pada hari rab kemarin 5 Mei 2019 kita sudah lebaran, saling maaf memaafkan. ucapan idul fitri ada dimana mana baik di WA, IG, FB dan lain sebagainya.

sebelum saya menglas tentang makna lebaran saya ingin flasback,

sebulan lamanya kita sudah melakukan puasa tent memiliki banyak makna

Makna puasa di bulan Ramadhan bukan hanya saat dimana umat muslim tidak makan dan minum selama satu bulan penuh. Sebenarnya puasa Ramadhan adalah hal yang lebih daripada itu. Bulan Ramadhan adalah saatnya umat muslim diberikan waktu istimewa dari Allah SWT untuk merefleksikan diri dan menumbuhkan sisi spiritualnya. Salah satunya dengan berpuasa dari subuh sampai matahari terbenam. Selain menahan lapar dan haus, ada beberapa makna penting dari puasa Ramadhan yang harus kita ingat dan pahami kembali, yaitu:

 

1. Menahan diri dari segala emosi

Di bulan Suci ini, berpuasa juga dianjurkan untuk menahan godaan diri dari segala bentuk emosi. Amarah, nafsu, dan sedih yang berlebihan, dapat menyia-nyiakan kegiatan berpuasa. Maka dari itu, muslim dianjurkan untuk lebih banyak menghabiskan waktu untuk beribadah, tadarusan, saling memaafkan terhadap sesama, dan melapangkan hati dari segala perasaan yang negatif. Jika kita bisa menyucikan hati dari emosi berlebih, maka makna dari puasa Ramadhan telah berhasil kita raih.

 

2. Puasa bergosip

Sebenarnya dalam keadaan apapun bergosip itu tidak baik, apalagi saat Ramadhan tiba. Nabi Muhammad SAW pun pernah bersabda, “Hindarilah oleh kalian perbuatan ghibah (gosip). Karena ghibah lebih besar dosanya daripada zina. Seseorang terkadang berzina kemudian bertaubat kepada Allah dan diterima taubatnya oleh Allah. Sedang orang yang berbuat ghibah, dia tidak akan diampuni sampai orang yang dia ghibah-i memaafkannya”. (Ihya Ulumiddin, Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali, jilid 4, hal 411). Daripada puasa kita batal hanya gara-gara ngomongin orang, sebaiknya dihindari sejak sebelum Ramadhan tiba.

 

3. Kesempatan beribadah dan menyambut malam seribu bulan

Malam Lailatul Qadar, tentu sebagai umat muslim tidak asing lagi dengan malam yang terbaik dari seribu bulan itu. Malam suci yang dinantikan bagi setiap umat muslim ini adalah malam kemuliaan yang keberkahannya hanya dapat dibeli dengan amalan-amalan shaleh, seperti berpuasa, tadarus Al-Qur’an, berdoa, berdzikir, muhasabah diri dan amal ma’ruf lainnya untuk diri sendiri dan orang lain.

Jadi, makna lain dari bulan Ramadhan adala kesempatan melakukan ibadah sebaik-baiknya kepada Allah SWT. Jika kita terus bertaqwa kepada Allah SWT, maka peluang untuk mendapatkan berkah istimewa dari malam Lailatul Qadar pun akan semakin besar kita dapatkan.

 

4. Bulan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah saat diturunkannya kitab Al-Qur’an kepada umat muslim dunia. Nuzulul Qur’an atau malam disampaikannya wahyu kepada nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Dengan kata lain bulan Ramadhan bisa bermakna peringatan dari turunnya kita suci Al-Qur’an kepada manusia. Cara yang paling pas untuk memperingatinya tentu saja dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an dan memahami artinya.

 

5. Waktunya beramal

Bulan Ramadhan adalah saatnya kita berpuasa membeli barang-barang mewah dan sebaliknya, manfaatkan rizki yang kita punya untuk beramal. Sama dengan amal kebaikan lainnya, pahala beramal di bulan Ramadhan sangatlah besar. Bahkan kita bisa tetap beramal sambil belanja barang kebutuhan pribadi, lho. Karena dengan belanja produk Unilever seperti SunsilkLifebouy, dan Pepsodent, kita bisa sekalian menyumbang untuk 1001 panti asuhan lewat program #BelanjaBerbagi Unilever.

 

6. Tak semua orang wajib puasa

Meskipun puasa adalah salah satu dari lima Rukun Islam, namun Allah SWT memberikan keistimewaan khusus kepada mereka yang sakit, anak-anak yang belum baligh, ibu hamil dan menyusui, menstruasi, orang yang harus bepergian jauh, dan berkondisi tidak memungkinkan untuk puasa. Mereka dapat memilih untuk menggantinya kemudian hari atau mengganti puasa dengan membayar fidyah, bagi orang yang tidak mampu melakukan puasa lagi, orang tua renta, misalnya.

 

7. Detoks tubuh

Selama puasa, setiap racun yang tersimpan dalam lemak tubuh larut dan dikeluarkan dari tubuh. Sejumlah jurnal kesehatan mencatat, puasa di bulan Ramadhan bisa membersihkan lambung, usus, dan mengistirahatkan organ pencernaan lain. Itu sebabnya, Ramadhan juga disambut positif oleh para ahli kesehatan. Jika dilakukan dengan benar, puasa dapat melepaskan endorfin yang meningkatkan kesehatan mental dan detoksifikasi toksin di dalam tubuh kita.

terlepas dari 7 makna puasa di atas, ada hal menarik kenapa Allah menyuruh kita berpuasa

kala kita lihat orang besar, orang sukses, nabi, pemimpin besar banyak yang berpuasa,

kondisi lapar, kemelaratan, ini sebenarnya sangat kita butuhkan, karena dalam kondisi ini bisa jadi kita akan berpikir lebih keras, karena kondisi nyaman, kenyang sering kali membuat kita lalai, iman menipis, dll

seperti halnya orang kepepet, kelaparan ia akan melakukan apa saja agar bertahan hidup.

kreatifitas muncul. gagasan datang.

maka selain mengingatkan kita pada sesama kita yang kekurangan puasa bisa menjadi refleksi diri, agar pikiran berfngsi dengan baik, keimanan kita meningkat dan yang pasti kalitas hidup kita juga lebih baik.

akhir kata karena ini masih dalam suasana lebaran izin kan kami mengcapkan idul fitri 1440 H,

taqabalallah hu minna wa minkum taqabal ya karim

mohon maaf lahir dan batin

Bagikan informasi tentang Lebaran dan Ucapan Idul Fitri 1440 H kepada teman atau kerabat Anda.

Lebaran dan Ucapan Idul Fitri 1440 H | j-rice.id | 0812.1494.7225

Belum ada komentar untuk Lebaran dan Ucapan Idul Fitri 1440 H

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Benih Padi Inpari 4

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
QUICK ORDER
Bintang 5 Orderan Shopee

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Ready Stock
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
OFF 12%
Benih Padi Cibogo

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 85.000
Pre Order
Rp 75.000 Rp 85.000
Pre Order
SIDEBAR

Alamat Kantor

Alamat Kantor :

Graha Indah Paciran Blok E4-No 7

Dsn Tepanas RT 02 RW 03 Ds. Kranji Kec. Paciran

Lamongan- Jatim

62264

TLP 0856 4517 1548

WA 0812 1494 7225